PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI YANG BERMUATAN KEARIFAN LOKAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA


Tomi Wahyu Septarianto, 0202513007 (2016) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI YANG BERMUATAN KEARIFAN LOKAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (657kB) | Preview

Abstract

Buku sebagai salah satu sumber ilmu begitu penting dalam dunia pendidikan. Buku pengayaan merupakan buku yang kehadirannya diperlukan sebagai pendamping buku yang telah diedarkan pemerintah. Faktanya, belum banyak buku pengayaan yang digunakan di sekolah. Berdasar pada masalah dan peluang itulah dilakukan penelitian dan pengembangan buku pengayaan menulis teks laporan hasil observasi yang bermuatan kearifan lokal untuk peserta didik kelas X SMA. Kearifan lokal dipilih agar peserta didik menyadari betapa budaya yang ada di sekitarnya sarat akan keteladanan yang dapat dijadikan pedoman dalam keseharian. Lebih dari itu, peserta didik diharapkan dapat mengenalkan kearifan lokal tersebut kepada dunia. Berdasarkan latar belakang tersebut, dirumuskan permasalahan penelitian: (1) bagaimanakah kebutuhan pengembangan buku pengayaan menurut persepsi guru dan peserta didik; (2) bagaimanakah prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan (3) bagaimanakah hasil uji keefektifan buku pengayaan menulis teks laporan hasil observasi yang bermuatan kearifan lokal untuk peserta didik kelas X SMA. Adapun tujuan penelitian ini ialah (1) mendeskripsi kebutuhan pengembangan buku menurut persepsi guru dan peserta didik (2) menyusun prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan (3) menguji keefektifan buku pengayaan menulis teks laporan hasil observasi yang bermuatan kearifan lokal untuk peserta didik SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) dengan langkah penelitian yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan pengembangan draf produk, (3) pengembangan draf produk, (4) uji produk awal (5) merevisi hasil uji validasi, dan (6) uji coba terbatas, (7) penyempunaan produk hasil uji coba terbatas. Data dalam penelitian ini meliputi data kebutuhan pengembangan buku menurut persepsi guru dan peserta didik, data hasil penilaian ahli, dan data uji coba terbatas berupa skor. vi Hasil penelitian ini adalah (1) kebutuhan pengembangan buku pengayaan menurut persepsi peserta didik dan guru, yaitu dibutuhkan buku pengayaan dari segi materi harus memperhatikan keluasan, kedalaman, dan keakuratan materi menulis teks laporan hasil observasi; dari segi penyajian harus memuat jabaran komponen-komponen isi buku, penyajian materi dari yang mudah ke materi yang rumit, dan memperhatikan urutan penyajian materi; dari segi kebahasaan, meliputi bahasa yang sederhana, mudah dimengerti dan komunikatif; dan dari segi kegrafikaan, harus memperhatikan sampul buku yang menarik sesuai dengan tema, penataan gambar dan tulisan yang baik, serta memperhatikan format buku yang ideal; (2) draf buku pengayaan meliputi sampul buku pengayaan, bentuk buku pengayaan, materi atau isi, dan penyajian materi buku yang disusun berdasarkan prinsip penyusunan draf buku pengayaan; (3) hasil uji keefektifan buku pengayaan menulis teks laporan hasil observasi yang bermuatan kearifan lokal untuk peserta didik kelas X SMA menyatakan buku ini efektif dengan bukti uji t yang menyatakan adanya perbedaan signifikan hasil pretes dan postes. Ratarata nilai tes awal adalah 73,91 dan perolehan rata-rata nilai tes akhir adalah 85,20 untuk kelas X-MIPA10 dan rata-rata nilai tes awal adalah 71,90 dan perolehan rata-rata nilai tes akhir adalah 85,60. Hal tersebut menunjukkan hasil pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. Berdasarkan tabel independent test diperoleh t hitung = 11,010 (XMIPA10) dan 15,881 (X-MIPA8), sedangkan t tabel = 2,00. Artinya t hitung > t tabel. Hal ini berarti diterima. Jadi, ada pengaruh antara variabel bebas dengan tingkat kepercayaan 95% atau α = 5%. Dengan demikian, dikatakan bahwa buku pengayaan menulis teks laporan hasil observasi yang bermuatan kearifan lokal untuk peserta didik kelas X SMA dapat meningkatkan kemampuan menulis peserta didik sehingga buku pengayaan tersebut efektif dan dapat diterima Saran yang direkomendasikan adalah (1) guru sebaiknya menggunakan buku pengayaan menulis teks laporan hasil observasi yang bermuatan kearifan lokal sebagai pilihan bahan ajar untuk membantu peserta didik mencapai kompetensi menulis teks laporan hasil observasi; (2) peserta didik sebaiknya menggunakan buku pengayaan sebagai sumber bacaan selain buku teks untuk belajar lebih dalam mengenai keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dan nilai kearifan lokal; (3) peneliti lain perlu melakukan tindak lanjut penelitian pengembangan buku pengayaan menulis teks laporan hasil observasi yang bermuatan kearifan lokal ini dalam skala yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 04 Apr 2017 14:49
Last Modified: 04 Apr 2017 14:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26358

Actions (login required)

View Item View Item