PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEKS HASIL OBSERVASI YANG BERMUATAN BUDAYA LOKAL DALAM MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SMP/ MTs


Nor Faiq, 2002512019 (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEKS HASIL OBSERVASI YANG BERMUATAN BUDAYA LOKAL DALAM MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SMP/ MTs. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (504kB) | Preview

Abstract

Perubahan Kurikulum 2013 secara langsung berdampak pada perubahan perangkat pembelajaran. Pemerintah menyediakan silabus pembelajaran, tetapi belum mengidentifikasi keadaan dan kebutuhan daerah secara khusus peserta didik belajar, belum menentukan fungsi dan komposisi muatan lokal, dan belum mengidentifikasi bahan kajian muatan lokal. Padahal materi yang ada di dalam Kurikulum 2013 salahsatunya adalah teks hasil observasi. Teks hasil observasi adalah jenis teks yang dihasilkan dari kegiatan pengamatan terhadap sesuatu hal yang menjadi objek observasi yang dirancang dalam bentuk laporan. Pengamatan langsung dan termudah adalah dengan mengamati budaya lokal peserta didik.Unsur kebudayaan yang dikembangkan di dalam perangkat pembelajaran teks laporan hasil observasi berkaitan dengan peristiwa alam, cerita rakyat, permainan rakyat, ungkapan tradisional, makanan dan minuman tradisional, kesenian tradisional, pengetahuan tradisional, dan kearifan lokal. Model pembelajaran yang cocok untuk teks hasil observasi bermuatan budaya lokal adalah discovery learning dan problem based learning. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui kebutuhan guru dan peserta didik terhadap pengembangan perangkat pembelajaran teks hasil observasi; (2) menjelaskan karakteristik perangkat teks hasil observasi yang bermuatan budaya lokal dalam model discovery learning dan problem based learning; (3) mengetahui perangkat pembelajaran teks hasil observasi yang bermuatan budaya lokal dalam model discovery learning dan problem based learning; dan (4) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran teks hasil observasi yang bermuatan budaya lokal dalam model discovery learning dan problem based learning. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam peneletian ini adalah pengembangan atau R&D (Research & Development). Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) bertujuan untuk menghasilkan produk baru melalui proses pengembangan. Penelitian ini mempunyai dua tujuan utama, yaitu (1) pengembangan produk (2) menguji keefektifan produk dalam mencapai tujuan. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu (1) mengidentifikasi potensi masalah, (2) mengumpulkan data, (3) vi mendesain produk, (4) menvalidasi desain, (5) merevisi desain, (6) uji coba produk, dan (7) revisi produk. Hasil penelitian yang didapatkan dari kebutuhan guru dan peserta didik serta data validasi ahli yaitu (1) peserta didik dan guru sangat membutuhkan perangkat ini dengan perolehan data rata-rata kebutuhan peserta didik169 atau 91,80% dan kebutuhan guru 190 atau 85%, dan (2) validasi ahli materi dan ahli perangkat memberikan penilaian terhadap silabus 32,5 atau kategori layak digunakan, RPP 32,5 atau kategori layak digunakan, materi ajar 85,5 atau kategori sangat layak digunakan, lembar kerja 84,5 atau kategori layak digunakan, dan penerapan model discovery learning dan problem based learning pada teks hasil observasi bermuatan budaya lokal 24,5 kategori layak digunakan. Hasil data keefektifan yang diperoleh yaitu pretes menyusun teks hasil observasi sebesar 12 dengan kategori efektif postes uraian sebesar 18.3 dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan perbedaan data pre tes dan pos tes mengindikatorkan bahwa perangkat pembelajaran memiliki nilai efektifitas dan layak untuk dijadikan bahan ajar mapel bahasa Indonesia di SMP/MTs. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat teks hasil observasi bermuatan budaya lokal dalam model discovery learning dan problem based learning berupa (1) buku panduan yang berisi pengembangan silabus, RPP, materi ajar dan lembar kerja dengan prinsip kesesuaian kebahasaan, isi, penyajian dan kegrafikan dan (2) aplikasi model pembelajaran discovery learning dan problem based learning pada perangkat tersebut dengan berprinsip pada orientasi pengembangan intelektual, memadukan bimbingan guru dan keaktifan peserta didik, pembelajaran dengan diawali dengan membangun konteks, belajar untuk berpikir dan prinsip keterbukaan. Semua prinsip itu sudah disesuaikandengan kesederhanaan, relevansi, konsisten, dan kecukupan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 04 Apr 2017 14:08
Last Modified: 04 Apr 2017 14:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26354

Actions (login required)

View Item View Item