PENGEMBANGAN MODEL SINEKTIK TERPIMPIN BERWAWASAN LINGKUNGAN PADAPEMBELAJARAN MENULIS PUISI DALAM PEMBENTUKAN MORAL SISWA SEKOLAH DASAR
Munarto, 0202509037 (2015) PENGEMBANGAN MODEL SINEKTIK TERPIMPIN BERWAWASAN LINGKUNGAN PADAPEMBELAJARAN MENULIS PUISI DALAM PEMBENTUKAN MORAL SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (609kB) | Preview |
Abstract
Selama ini pembelajaran menulis puisi di sekolah dasar kurang maksimal. Hal ini terlihat dari hasil belajar menulis puisi yang masih rendah.Masalah penting yang sering dihadapi guru dalam pembelajaran adalah pemilihan atau penentuan model pembelajaran yang tepat. Berdasarkan pengamatan awal peneliti, model pembelajaran menulis puisi belum menjawab atau memecahkan masalah atau kesulitan dalam belajar sehingga guru perlu mengembangkan penggunanaan model pembelajaran yang lebih memberdayakan siswa untuk dapat menumbuhkan motivasi siswa dan mengkonstruksi pengalaman belajar dalamdiri siswa. Salah satu alternatif model pembelajaran dalam pembelajaran menulis puisi adalah sinektik terpimpin berwawasan lingkungan. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana kebutuhan pengembangan model sinektik terpimpin berwawasan lingkungan menurut persepsi guru dan siswa pada pembelajaran menulis puisi, (2) bagaimana prinsipprinsip pengembangan model sinektik, dan (3) bagaimana keefektifan model sintetik terpimpin berwawasan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah menentukan kebutuhan pengembangan model, mendeskripsikan prinsip pengembangan, dan mendeskripsikan validasi terhadap model sinektik terpimpin berwawasan lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan desain penelitian R&D. Langkah penelitian ini meliputi tahap pendahuluan dan pengembangan. Tahap pendahuluan meliputi studi literatur, analisis kebutuhan, dan deskripsi teori model (model teoretis). Tahap pengembangan model meliputi kegiatan penyusunan draf awal desain model, uji ahli, revisi draf awal, uji coba terbatas (evaluasi dan penyempurnaan produk, dan penyusunan draf final. Subjek penelitian ini adalah pengembangan model sintetik terpimpin berwawasan lingkungan. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui angket, lembar pengamatan, lembar uji validasi, dan teknik tes. Instrumen yang digunakan adalah angket kebutuhan pengembangan, lembar uji validasi, observasi, serta lembar tes. Teknik analisis data yang digunkan yaitu teknik analisis data kebutuhan, uji validasi ahli, dan teknik analisis uji keefektifan. Hasil penelitian yang berkaitan dengan persepsi guru dan siswaadalah sebagai berikut: 1) model pembelajaran memuat dampak instruksional dan pengiring; 2) model menggunakan sumber belajar lingkungan sekitar atau objek yang dapat dilihat langsung; 3) langkah-langkah pembelajaran disesuaikan dengan kemampuan berpikir siswa; 4) model pembelajaran disertai panduan model yang disusun secara menarik dan komunikatif; dan 5) model yang dikembangkan memuat pendidikan moral seperti rasa cinta tanah air, disiplin, bertanggung jawab dan bersahabat. Selanjutnya, prinsip pengembangan model sintetik terpimpin berwawasan lingkungan adalah: 1) pembelajaran dikaitkan dengan masalah yang ada di lingkungan sekitar siswa; 2) guru harus memiliki kepekaan hati nurani, daya pikir dan wawasanlingkungan sebagai tema menulis puisi; 3) pembelajaran diawali dengan ilustrasi tentang nilai-nilai luhur yang ada di lingkungan siswa; 4) pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun pemahaman dan keterampilan melalui interaksi dengan lingkungannya; 5) interaksi antarsiswa dalam pembelajaran dilakukan pada saat diskusi dan presentasi; 6) pembelajaran memberi kesempatan siswa untuk menilai produk puisi teman-temannya; 7) kriteria penilaian puisi meliputi aspek kebaruan tema, kekuatan imajinasi, ketepatan diksi, pendayaan citraan, rima, dan amanat moral; 8) penanaman nilai-nilai luhur peduli lingkungan, cinta tanah air, disiplin, tanggung jawab, dan komunikatif; 9) guru memberi penghargaan kepada siswa; 10) pembelajaran diakhiri dengan refleksi dan pemberian tugas kepada siswa. Kerangka pengembangan model sinektik ini terdiri atas enam tahap, yaitu : (1) mendeskripsikan situasi saat ini; (2) analogi langsung; (3) analogi personal; (4) penulisan puisi; (5) menyunting puisi; (6) publikasi puisi.Berdasarkan hasil perhitungan uji keefektifan diperoleh data bahwahasil eksperimen di SD Negeri Ngemplak diperoleh hasil thitung ≥ ttabel yaitu 6,0 ≥ 1,699 sehingga H0 ditolak. Selain itu, nilai rata-rata postes lebih baik daripada nilai pretes yaitu dalam postes 100% siswa mencapai KKM sementara dalam pretes hanya 30% siswa mencapai KKM. Dengan kata lain, penggunaan model sinektik terpimpin pada pembelajaran menulis puisi berwawasan lingkungan dalam pembentukan moral siswa sekolah dasar sebagai produk pengembangan terbukti sangat efektif dalam peningkatan nilai hasil pembelajaran menulis puisi. Oleh karena itu, produk model sinektik terpimpin ini dapat digunakan oleh guru lain di daerah yang memiliki kondisi hampir sama dengan daerah penelitian tempat produk ini dihasilkan. Lebih lanjut, model pembelajaran ini hendaknya dapat dikembangkan lagi pada lingkungan yang lebih luas dengan memperhatikan identifikasi kebutuhan peserta didik dan guru yang bersangkutan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 14:09 |
Last Modified: | 04 Apr 2017 14:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26353 |
Actions (login required)
View Item |