PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMBACA TEKS LAPORAN HASIL PENGAMATAN YANG BERMUATAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SD

Ana Putri Nastiti, 0202513010 (2016) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMBACA TEKS LAPORAN HASIL PENGAMATAN YANG BERMUATAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (396Kb)

    Abstract

    Membaca teks laporan hasil pengamatan sebagai salah satu materi yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas IV SD. Permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran di antaranya peserta didik masih mengalami kesulitan dalam menyimpulkan isi teks laporan hasil pengamatan dan belum adanya buku pengayaan yang dapat menjadikan peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran. Selain itu, saat ini muatan kearifan lokal sangat penting untuk diterapkan, karena tidak sedikit dari peserta didik yang tidak tahu tentang tradisi daerah tempat tinggalnya. Buku merupakan salah satu solusi untuk berbagai permasalahan tersebut. Setelah mempelajari buku-buku yang beredar di sekolah, ditemukan fakta bahwa belum ada buku yang secara khusus bermuatan nilai kearifan lokal dan bersifat interaktif dan komunikatif. Relevan dengan situasi tersebut, diperlukan buku pengayaan membaca teks laporan hasil pengamatan yang bermuatan nilai-nilai kearifan lokal dengan menggunakan pendekatan saintifik yang sesuai bagi peserta didik kelas IV SD, baik dari segi kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan. Rumusan masalah penelitian ini meliputi (1) bagaimanakah kebutuhan pengembangan buku pengayaan membaca teks laporan hasil pengamatan yang bermuatan nilai-nilai kearifan lokal dengan menggunakan pendekatan saintifik untuk peserta didik kelas IV SD yang sesuai dengan kebutuhan guru dan peserta didik, (2) bagaimanakah pengembangan buku pengayaan membaca teks laporan hasil pengamatan yang bermuatan nilai-nilai kearifan lokal dengan menggunakan pendekatan saintifik untuk peserta didik kelas IV SD, dan (3) bagaimanakah keefektifan buku pengayaan membaca teks laporan hasil pengamatan yang bermuatan nilai-nilai kearifan lokal dengan menggunakan pendekatan saintifik untuk peserta didik kelas IV SD. Dalam mengembangkan buku pengayaan membaca teks laporan hasil pengamatan yang bermuatan nilai-nilai kearifan lokal dengan menggunakan pendekatan saintifik untuk peserta didik kelas IV SD, langkah-langkah penelitian research and development (R&D) direduksi hanya sampai pada proses uji keefektifan. Tahapan penelitian ini terdiri atas (1) tahap potensi dan masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, dan (6) uji kefektifan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 04 Apr 2017 09:42
    Last Modified: 04 Apr 2017 09:42

    Actions (login required)

    View Item