ANALISIS PEMBELAJARAN GEOMETRI VAN HIELE DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER SISWA


Wiwik Faridha, 0103513003 (2015) ANALISIS PEMBELAJARAN GEOMETRI VAN HIELE DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (635kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep sangat diperlukan dalam mempelajari suatu materi khususnya matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran valid untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen dan kontrol, kemampuan pemahaman konsep siswa kelompok atas, tengah dan bawah dan antara siswa laki-laki dan perempuan, selisih rata-rata peningkatan pemahaman konsep siswa dan pengaruh karakter kreatif terhadap tingkat pemahaman konsep geometri siswa. Metode penelitian yang digunakan mixed methods sequential explanatory. Uji T digunakan untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas dengan pembelajaran geometri Van Hiele dengan pendekatan konstruktivis dan kelas dengan pembelajaran konvensional. Uji Anova digunakan untuk mengetahui perbedaan tingkatan pemahaman konsep antara siswa kelompok atas, tengah dan bawah dan uji regresi untuk mengetahui pengaruh karakter kreatif terhadap pemahaman konsep geometri yang diperkuat dengan pengamatan terhadap 6 orang siswa 2 orang dari kelompok atas, 2 kelompok tengah dan 2 kelompok bawah. Perangkat pembelajaran dinyatakan valid melalui penilaian 4 orang validator dengan rata-rata nilai 3,61 pada skala 4 memiliki kriteria sangat baik. Hasil Uji T diketahui rata-rata nilaiTes Pemahaman Konsep kelas dengan pembelajaran geometri Van Hiele dengan pendekatan Konstruktivis lebih baik dibandingkan dengan kelas dengan pembelajaran konvensional yaitu thitung sebesar 7,99 > ttabel sebesar 1,67. Uji Anova 2 jalur dengan Output Test of between-Subject Effects memiliki nilai signifikan untuk variabel baris sig=0,859 = 85.9% > 5% yang artinya terdapat perbedaan tingkatan pemahaman konsep geometri Van Hiele tingkat Visualisasi, Analisis, Pengurutan, Deduksi dan Rigor antara siswa kelompok atas, tengah dan bawah. Berdasarkan perhitungan uji beda rata-rata dengan thitung sebesar -0,031 < ttabel sebesar 1,71 maka tidak terdapat perbedaan tingkat pemahaman konsep geometri antara siswa laki-laki dan perempuan. Rataan selisih peningkatan pemahaman konsep geometri siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol yang dibuktikan dengan thitung sebesar 14,32 > ttabel sebesar 1,67. Hasil uji regresi linear sederhana dengan perhitungan SPSS diperoleh nilai R Square = 0,871, artinya sebesar 87,1% karakter kreatif mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep siswa. Hasil uji regresi diperkuat dengan hasil pengamatan terhadap 6 orang siswa dengan 2 orang siswa kelompok atas, 2 orang siswa kelompok tengah dan 2 orang siswa v kelompok bawah yang menunjukkan terdapat pengaruh antara karakter kreatif dengan tingkat pemahaman konsep geometri siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 Apr 2017 17:59
Last Modified: 03 Apr 2017 17:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26346

Actions (login required)

View Item View Item