PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM UNTUK SISWA KELAS IV SD


Taufiq Shofyan Hadi, 0103513044 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM UNTUK SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (647kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis, baik tertulis maupun tidak tertulis, sehingga tercipta suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar. Berdasarkan hal tersebut, bahan ajar merupakan faktor penting dalam proses pembelajaran dan perlu untuk selalu dikembangkan. Pada penelitian ini dilaksanakan pengembangan bahan ajar dengan pendekatan kontekstual. Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan kontekstual dipilih karena pendekatan tersebut terkait dengan kondisi lingkungan serta kejadiankejadian yang dialami sehingga siswa lebih mudah memahami materi. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah pengembangan bahan ajar IPA dengan pendekatan kontekstual pada materi sumber daya alam yang sesuai untuk kelas IV SD? (2) bagaimanakah hasil uji validasi bahan ajar IPA yang dikembangkan dengan pendekatan kontekstual pada materi sumber daya alam untuk kelas IV SD? (3) bagaimanakah keefektifan produk bahan ajar IPA yang dikembangkan dengan pendekatan kontekstual pada materi sumber daya alam terhadap hasil belajar kognitif dan aktivitas belajar siswa kelas IV SD? Penelitian pengembangan mengacu pada sistem instruksional Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dikenal dengan sebutan 4-D dengan tahapan yang digunakan adalah tahap define, design dan develop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan pada analisis kebutuhan guru dan siswa. Hasil validasi oleh validator mendapatkan skor total sebanyak 443 menunjukkan persentase 87,89% dengan keterangan sangat valid. Keefektifan bahan ajar berdasarkan pada uji banding data hasil belajar kognitif siswa menunjukkan thitung = 2,106 > tTabel = 2,02 dengan nilai signifikansi 0,042 < 0,05 sehingga produk bahan ajar IPA dengan pendekatan kontekstual dapat dikatakan mempunyai pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan bahan ajar yang digunakan di sekolah. Pada hasil uji banding rata-rata data aktivitas belajar siswa menunjukkan thitung = 6,581 > tTabel = 2,02 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa produk bahan ajar mempunyai pengaruh terhadap aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dengan pendekatan kontekstual efektif digunakan dalam pembelajaran pada siswa kelas IV SD. Bahan ajar ini dapat menjadi alternatif yang dapat diterapkan pendidik dalam pembelajaran IPA dan menjadi sumber inspirasi bagi peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 Apr 2017 17:55
Last Modified: 03 Apr 2017 17:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26345

Actions (login required)

View Item View Item