PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERVISI SETS DENGAN MODEL INKUIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR


SUTRIASIH, 0103513033 (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERVISI SETS DENGAN MODEL INKUIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (601kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik mengalami kesulitan bila harus mengaitkan konsep yang dimiliki dengan masalah yang ada di lingkungan sekitarnya, serta ketersediaan bahan ajar yang jumlahnya sangat terbatas juga tidak semua berwarna sehingga kurang menarik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan bahan ajar dengan karakteristik tematik bervisi SETS dengan model inkuiri, (2) menghasilkan bahan ajar tematik bervisi SETS dengan model inkuiri yang valid, (3) menghasilkan bahan ajar tematik bervisi SETS dengan model inkuiri yang efektif, (4) menghasilkan bahan ajar tematik bervisi SETS dengan model inkuiri yang praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang merujuk pada model Borg dan Gall. Subjek uji coba pada penelitian pengembangan ini adalah kelas IV SDN Sengon 01 tahun 2014-2015. Ujicoba skala terbatas diambil 12 peserta didik, dan uji coba skala luas sejumlah 61 peserta didik. Desain uji produk yang digunakan dalam penelitian pengembangan bahan ajar tematik bervisi SETS dengan model inkuiri bagi peserta didik kelas IV SD menggunakan One Group Design Pretest-Posttest Only. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar pengamatan, hasil belajar, angket respons siswa, dan panduan wawancara respons guru. Bahan ajar tematik yang dikembangkan berupa buku guru dan buku siswa. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik bahan ajar ini dikembangkan dengan mengintegrasikan langkah-langkah inkuiri dengan unsur SETS. Hasil validasi bahan ajar yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan data berupa RPP dengan skor 3,72 dengan kategori sangat baik, bahan dengan skor 3,72 dengan kategori sangat baik, dan alat evaluasi dengan skor 3,75 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan uji gain, hasil belajar peserta didik juga terjadi kenaikan ditunjukkan dengan N-Gain sebesar 0,542 dengan kategori sedang. Respons siswa terhadap pembelajaran menggunakan bahan ajar yang dikembangkan menunjukkan rata-rata persentase 98,5 dengan kategori sangat baik. Hasil wawancara dengan guru juga menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat diterima baik untuk pembelajaran di kelas IV. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid berdasarkan penilaian validator, efektif meningkatkan hasil belajar, dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas IV. Peneliti menyarankan kepada guru hendaknya mengembangkan bahan ajar dengan karakteristik yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik agar dapat menumbuhkan keaktifan dan kreativitas peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 Apr 2017 17:52
Last Modified: 03 Apr 2017 17:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26344

Actions (login required)

View Item View Item