KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DALAM PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI RA MUSLIMAT KARANGDOWO PEKALONGAN


Siti Wasiqoh, 0103513150 (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DALAM PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI RA MUSLIMAT KARANGDOWO PEKALONGAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (650kB) | Preview

Abstract

Individu maupun anak yang tidak mempunyai perilaku mandiri akan sulit untuk meraih kesuksesan, oleh karena itu menanamkan nilai kemandirian sangat penting bagi anak usia dini. Usia dini adalah usia yang strategis dalam meletakkan dasar-dasar dan fondasi untuk pembentukan fondasi manusia holistic dan pengembangan pendidikan karakter sehingga anak siap untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Faktanya kemandirian di RA Muslimat Karangdowo masih rendah, salah satu untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan Pendekatan pembelajaran secara langsung dalam pendidikan karakter nilai kemandirian. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pendidikan karakter dalam pembelajaran langsung, mengetahui perbedaan peningkatan perilaku kemandirian dan menjelaskan keefektifan pembelajaran langsung dalam pendidikan karakter untuk meningkatkan kemandirian anak RA Muslimat Karangdowo di Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode pendekatan kuasi eksperimen untuk mengetahui adanya perbedaan atau perbandingan kemandirian anak dari suatu perlakuan, serta statistik inferensial parametrik, berpegangan pada falsafah positivisme yang digunakan dalam penelitian pada populasi dan sampel, data diolah menggunakan program bantu SPSS dan data dikumpulkan menggunakan observasi. Berdasarkan hasil uji gain menunjukkan perolehan nilai rata-rata kemandirian sebelum perlakuan rendah dan meningkat menjadi 0,77 atau dalam kategori tinggi, bahkan 75% anak mengalami peningkatan kemandirian. Perubahan kemandirian merupakan hasil dari pengalaman yang diatur melalui proses belajar langsung. Tingginya perubahan kemandirian anak menunjukkan bahwa pembelajaran secara langsung efektif dalam pembentukan karakter kemandirian anak. Adapun penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran karakter secara langsung mampu meningkatkan kemandirian anak. Oleh karena itu peneliti merekomendasikan kepada pihak sekolah untuk melaksanakan pendidikan secara langsung dalam pendidikan karakter disekolahnya. Pendidikan secara langsung dalam pendidikan karakter juga bisa diterapkan pada sekolah lain dengan permasalahan yang sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 Apr 2017 17:44
Last Modified: 03 Apr 2017 17:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26343

Actions (login required)

View Item View Item