PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER PADA SISWA SEKOLAH DASAR


Sidik Raharjo, 0103513113 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (625kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di SD diperoleh kurangnya penggunaan media yang digunakan guru dalam pembelajaran, belum mengarah pada aktivitas yang dapat menumbuhkan nilai karakter. Penelitian ini bertujuan mengembangkan permainan monopoli sebagai media edukatif dalam pembelajaran IPA sebagai sumber belajar di SD guna menciptakan pembelajaran yang inovatif, interaktif, efektif dan menyenangkan agar siswa lebih minat serta tertarik dalam belajar untuk meningkatkan kemampuan kognitif siwa dan menumbuhkan nilai karakter siswa. Media merupakan alat bantu proses pembelajaran dan berfungsi untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi. Menggunakan media pembelajaran yang menarik secara efektif, akan menciptakan suatu proses belajar mengajar yang optimal. Prosedur penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan penyederhanaan. Terdiri tiga langkah yaitu tahap pendahuluan, pengembangan dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, validasi ahli, observasi, angket dan lembar soal evaluasi siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu dihasilkan produk berupa media permainan monopoli IPA yang “valid” telah divalidasi oleh ahli media dan materi dengan skor 76%. Diperoleh efektifitas media dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa dengan perolehan skor (gain) sebesar 0,44 dalam kategori “sedang” dan ketuntasan klasikal siswa sebanyak 85%. saat proses penggunaan media monopoli IPA berlangsung diperoleh skor tumbuhnya nilai karakter siswa antara lain disiplin 71,25%, rasa ingin tahu 76%, kerja keras 73,75%, dan tanggung jawab 78,75%. Jumlah keseluruhan penumbuhan nilai karakter siswa sekelas memperoleh 75% dengan kriteria “baik”. Kepraktisan media berdasarkan angket respon siswa memperoleh 83,75% dan respon guru 82,5% dengan kriteria “praktis”. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan pengembangan media permainan monopoli IPA dinyatakan valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa dan menumbuhkan nilai karakter siswa. Hasil inovasi media monopoli ini dapat digunakan guru dalam pembelajaran IPA untuk menumbuhkan nilai karakter siswa dan menciptakan keaktifan belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 Apr 2017 17:35
Last Modified: 03 Apr 2017 17:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26342

Actions (login required)

View Item View Item