PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN SAINTIFIK MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA


Retno Wulandari Adi, 0103513073 (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN SAINTIFIK MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (583kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013 terintegrasi secara tematik. Pemerintah menyiapkan bahan ajar tematik sebagai panduan untuk guru dan siswa namun hasilnya belum memuaskan. Hal ini terjadi pada siswa SDN Kaligawe, 70% siswanya mendapatkan nilai dibawah KKM (<60) . Model pembelajaran saintifik dan sikap ilmiah belum sepenuhnya diterapkan didalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran tematik berpendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre tes-post tes control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran model project based learning yang dikembangkan layak digunakan dengan rata-rata skor 4,19, hasil belajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran hasil pengembangan memberikan hasil yang lebih baik daripada perangkat pembelajaran yang telah ada (-ttabel(-2,021) ≥ thitung (-3,409 ) ≤ +ttabel ( 2,021)). Uji N-Gain di kelas eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 0,46 (sedang) dan kelas kontrol 0,21 (rendah) Sikap ilmiah siswa juga lebih baik dengan menggunakan perangkat hasil pengembangan yaitu 84%. Selain itu siswa sebagai pengguna juga memberikan tanggapan positif (90%) terhadap penggunaan perangkat model project based learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 Apr 2017 17:31
Last Modified: 03 Apr 2017 17:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26341

Actions (login required)

View Item View Item