KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KUDENSI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP MATEMATIKA AWAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN


Purwaningsih, 0103513067 (2015) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KUDENSI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP MATEMATIKA AWAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (576kB) | Preview

Abstract

Berpikir tentang matematika kita akan membicarakan tentang bilangan, persamaan dan perbedaan, memahami tentang angka, jumlah, pola-pola, perkiraan, perbandingan dan pengelompokan. Pengetahuan tentang matematika sebenarnya sudah bisa diperkenalkan pada anak sejak usia dini (usia lahir-6 tahun). Konsep matematika ditemukan setiap hari melalui pengalaman bermainnya. Pembelajaran matematika akan terasa menyenangkan apabila dilakukan melalui bermain dengan media yang menarik, sehingga dapat memotivasi perkembangan anak. Masih banyak guru yang menggunakan media Lembar Kerja Anak (LKA)/paper pencil test yang membuat anak-anak bosan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Kudensi dalam meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep matematika awal pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa TK Kartini 01 Karangjati Kelompok B1 dan B2 usia 5-6 tahun, kelompok B 1 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 22 dan kelomok B2 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest and postest control group dan analisis datanya uji – t independent sample test. Kesimpula penelitia dari penelitian ini bahwa pembelajaran menggunakan APE kudensi terbukti efektif meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep matematika awal pada kelompok eksperimen. Saran penelitian: hendaknya guru menggunakan alat permainan yang menarik dan bervariatif dalam mengenalkan konsep matematika awal supaya pembelajaran bisa dilakukan dengan menyenangkan, kreatif dan imajinatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 Apr 2017 17:22
Last Modified: 03 Apr 2017 17:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26340

Actions (login required)

View Item View Item