PENGEMBANGAN MEDIA VCD PEMBELAJARAN KONTEKS BENCANA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA YANG BERMUATAN NILAI KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR


Puji Sugiyarti, 0103513145 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA VCD PEMBELAJARAN KONTEKS BENCANA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA YANG BERMUATAN NILAI KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu yang penting dalam proses belajar mengajar. Saat proses belajar mengajar, media mepunyai arti yang penting, karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan dan kerumitan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara, bahkan keabstrakan bahan dapat dikonkretkan. Berbeda dengan kenyataan yang ada di lapangan dalam proses belajar mengajar, khususnya pelajaran bahasa Indonesia, guru jarang menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran untuk pelajaran bahasa Indonesia masih sangat terbatas bahkan cenderung tidak ada, kurang sesuai dengan perkembangan iptek dan konteks pembelajaran. Media pembelajaran konteks bencana ini dapat digunakan guru untuk mengatasi masalah tersebut. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah kebutuhan pengembangan media pembelajaran VCD konteks bencana pada pembelajaran bahasa Indonesia aspek berbicara dan penanaman nilai karakter bagi peserta didik kelas V di sekolah dasar? (2) bagaimanakah prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran VCD konteks bencana pada pembelajaran bahasa Indonesia aspek berbicara dan penanaman nilai karakter bagi peserta didik kelas V di sekolah dasar? (3) bagaimanakah karakteristik media pembelajaran VCD konteks bencana pada pembelajaran bahasa Indonesia aspek berbicara dan penanaman nilai karakter bagi peserta didik kelas V di sekolah dasar dan buku panduannya? (4) apakah penerapan media pembelajaran VCD konteks bencana pada pembelajaran bahasa Indonesia aspek berbicara yang bermuatan nilai karakter bagi peserta didik kelas V di sekolah dasar efektif dengan peningkatan keterampilan berbicara siswa? Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan model Borg and Gall dengan modifikasi tujuh tahapan, yakni (1) melakukan analisis kebutuhan, penelitian dan pengumpulan data (research and information collecting), (2) perencanaan, yaitu menyusun rencana penelitian dan merumuskan butir-butir materi secara terperinci (planning), (3) pengembangan produk (develop preliminary from of product), yaitu mengembangkan alat pengukuran keberhasilan dan uji ahli, (4) uji coba lapangan awal (preliminary field testing), (5) merevisi hasil uji coba (main product revision), (6) uji coba lapangan (main field testing), dan (7) revisi terhadap uji coba lapangan v (operational product revision). Sumber data penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas V di SDN Tlogosari Kulon 03 Semarang, SDN Sidokerto 01 Pati, SDN Jambon Temanggung, dan SDN Kali Jambe Purworejo, ahli media dan ahli materi dengan menggunakan instrumen: (1) instrumen kebutuhan pengembangan untuk peserta didik, (2) instrumen kebutuhan pengembangan untuk guru, (3) instrumen penilaian uji ahli dan guru. Analisis penelitian ini mnggunakan teknik analisis kualitatif persentase. Hasil Penelitian ini adalah karakteristik VCD sebagai media pembelajaran di kelas V SD dikembangkan berdasarkan empat aspek, yakni: (1) kemasan; isi VCD; konteks bencana; dan aspek keterampilan berbahasa, (2) prinsip pengembangan VCD adalah fixative, manipulative, dan distributive property, dan (3) karakteristik VCD yang dikembangkan adalah VCD pembelajaran konteks bencana pada pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan nilai karakter peserta didik kelas V sekolah dasar dan buku panduannya. Nilai karakter yang terdapat dalam media VCD pembelajaran konteks bencana ini adalah rasa empati, simpati dan sikap sosial. Uji keefektifan media VCD pembelajaran konteks bencana ini menunjukkan rata-rata nilai tes awal berbeda dengan rata-rata nilai tes akhir. Rata-rata hasil tes akhir lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata tes awal. Pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VA SD menggunakan media VCD konteks bencana diperoleh nilai signifikan 0.000 ˂ 0.05 yang berarti bahwa ada perbedaan antara rata-rata tes akhir dengan tes awal. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata tes akhir lebih tinggi dibandingkan dengan niai rata-rata tes awal yaitu nilai rata-rata pretes 61,100 dan rata-rata postes 72,650. Pada pembelajaran di kelas VB SD, juga diperoleh nilai signifikan 0.000 ˂ 0.05 yang berarti ada perbedaan antara rata-rata tes akhir dengan tes awal. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata tes akhir lebih tinggi dibandingkan dengan niai rata-rata tes awal yaitu nilai rata-rata pretes 72,650 dan rata-rata postes 77,650. Nilai karakter pada pembelajaran tersebut tercapai sesuai dengan tujuan penelitian yaitu rasa simpati, empati, tulus, perhatian, tanggung jawab dan berani. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media VCD pembelajaran konteks bencana efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia aspek keterampilan berbicara pada peserta didik kelas V SD. Saran dari hasil penelitian ini yaitu (1) guru diharapkan lebih berkreasi agar proses pembelajaran lebih bervariatif dan bermakna. Penggunaan media pembelajaran yang variatif hendaknya disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan, (2) guru harus memperhatikan karakteristik media yang akan digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 Apr 2017 17:16
Last Modified: 03 Apr 2017 17:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26339

Actions (login required)

View Item View Item