PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM BERVISI SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) DENGAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR


Nofi Rukdiatmo Lestari, 0103513123 (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM BERVISI SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) DENGAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (468kB) | Preview

Abstract

Ada beberapa permasalahan dalam pembelajaran di sekolah dasar, yaitu kurangnya perangkat pembelajaran yang sesuai dengan siswa, metode pembelajaran masih konvensional, serta siswa belum terbiasa menggunakan keterampilan proses dalam belajar, dan hasil belajar siswa masih rendah. Maka diperlukan upaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan melaksanakan penelitian. Penelitian ini berfokus untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bervisi Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dengan model inkuiri. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 3 Pulokulon, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan. Tujuan dari penelitian adalah untuk memperoleh bahan ajar Ilmu Pengetahuan Alam Bervisi Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dengan Model Inkuiri pada materi perubahan lingkungan yang valid dan praktis. Tujuan penelitian untuk menerapkan pembelajaran yang efektif. Penelitian pengembangan dengan model 4D yang diadaptasi menjadi 3P, yaitu pendefinisian (analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, dan merumuskan tujuan pembelajaran khusus), perancangan (penyusunan kriteria tes, pemilihan media, pemilihan format, dan desain awal), dan pengembangan (validasi ahli dan uji coba). Adapun perangkat yang dikembangkan adalah Silabus, RPP, Bahan Ajar, dan LKS. Variabel penelitian meliputi variabel perangkat pembelajaran, prestasi belajar, kemampuan guru mengelola pembelajaran, respons siswa dan guru, keterampilan proses siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, dokumentasi, observasi, dan angket. Rata-rata nilai validator untuk Silabus, RPP, Bahan Ajar, dan LKS berturut-turut adalah 3,5; 3,49; 3,47; dan 3,5; sehingga perangkat pembelajaran tergolong valid. Respons positif juga ditunjukkan oleh siswa dan guru terhadap pembelajaran, dikarenakan perangkat tersebut praktis untuk digunakan. Hal ini berakibat keterampilan proses dan hasil belajar siswa meningkat. Adapun rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen adalah 82 yang melebihi batas KKM 60, sehingga rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol yang rata-rata prestasi belajarnya adalah 71. Keterampilan proses siswa mencapai rata-rata 2,3 sampai 3,0 dan termasuk kategori baik. Jadi, berdasarkan data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 Apr 2017 17:08
Last Modified: 03 Apr 2017 17:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26337

Actions (login required)

View Item View Item