PENGEMBANGAN LKS BERBASIS LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD


Naralita Kusuma Noviyani, 0103513153 (2015) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (302kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan lembar kerja siswa berbasis learning cycle 7e materi sifat-sifat cahaya yang valid; mengukur keefektifan lembar kerja siswa terhadap peningkatan hasil belajar dan pengembangan kemampuan berpikir ktitis siswa. Lembar kerja siswa dikembangan dengan berbasis learning cycle yang mencakup 7 tahapan yaitu elicit, enggagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation dan extend. Penelitian pengembangan ini mengacu model pengembangan pendidikan umum Thiagarajan dengan fase-fase: define, design, development dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kuningan 04 Semarang sebagai kelas eksperimen dan SDN Kuningan 01 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh melalui lembar validasi, hasil belajar mata pelajaran IPA dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kelayakan, uji ketuntasan klasikal serta uji gain. Hasil penelitian menunjukkan setelah melalui proses validasi pengembangan lembar kerja siswa diperoleh hasil validasi dengan skor rerata 3,74 dengan kategori sangat baik. Keefektifan lembar kerja siswa ditandai dengan tercapainya ketuntasan ketuntasan klasikal kelas ekperimen dangan nilai 80,61. Berdasarkan analisis uji peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata peningkatan sebesar 0.49 sedangkan kelas kontrol hanya 0.21. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata peningkatan sebesar 0.66 sedangkan kelas kontrol 0.28. Berdasarkan hasil yang sudah diperoleh yaitu perangkat yang valid dan pembelajaran yang efektif berarti pengembangan perangkat tercapai. Peneliti menyarankan pada penelitian lebih lanjut mengembangkan tahapan elaborate dan evaluation yang belum bisa dikembangkan peneliti secara maksimal serta mengembangkan indikator pada ketrampilan berpikir kritis yaitu menemukan dan menjelaskan contoh lain dari penerapan konsep yang ditemukan serta menggunakan strategi untuk menyelesaikan masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 Apr 2017 16:57
Last Modified: 03 Apr 2017 16:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26336

Actions (login required)

View Item View Item