PENGARUH PEMBELAJARAN KELOMPOK PADA KUNJUNGAN LAPANGAN TERHADAP PENCAPAIAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI


Misdariyah, 0103513149 (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN KELOMPOK PADA KUNJUNGAN LAPANGAN TERHADAP PENCAPAIAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (800kB) | Preview

Abstract

Tujuan umum penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kelompok pada kunjungan lapangan terhadap pencapaian perkembangan sosial emosional anak usia dini. Secara khusus tujuan tersebut antara lain untuk mengetahui (1) perbedaan pencapaian perkembangan sosial emosional anak sebelum dan sesudah diajar menggunakan model pembelajaran kelompok pada kunjungan lapangan, (2) perbedaan pencapaian perkembangan sosial emosional anak sebelum dan sesudah diajar menggunakan model pembelajaran kelompok di dalam kelas, dan (3) perbedaan pencapaian perkembangan sosial emosional antara anak yang diajar menggunakan model pembelajaran kelompok pada kunjungan lapangan dan yang diajar dengan model pembelajaran kelompok di dalam kelas. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental. Bentuk desain quasi experimental yang digunakan pada penelitian ini adalah pretest-postest control group design. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 27 anak kelas B1 sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran kelompok pada kunjungan lapangan dan 20 anak kelas B2 sebagai kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran kelompok di dalam kelas di TK Mardisiwi 02 Sinangohprendeng. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kelompok pada kunjungan lapangan berpengaruh terhadap pencapaian perkembangan sosial emosional anak usia dini yang ditandai dengan (1) pencapaian perkembangan sosial emosional anak di kelas eksperimen setelah diajar menggunakan model pembelajaran kelompok pada kunjungan lapangan lebih baik dari pencapaian sebelum diajar menggunakan model tersebut dan mengalami peningkatan pada kategori tinggi, (2) pencapaian perkembangan sosial emosional anak di kelas kontrol setelah diajar menggunakan model pembelajaran kelompok di dalam kelas lebih baik dari pencapaian sebelum diajar menggunakan model tersebut dan mengalami peningkatan pada kategori sedang, (3) pencapaian perkembangan sosial emosional anak yang diajar menggunakan model pembelajaran kelompok pada kunjungan lapangan lebih baik dari anak yang diajar dengan model pembelajaran kelompok di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 Apr 2017 16:54
Last Modified: 03 Apr 2017 16:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26335

Actions (login required)

View Item View Item