PENGELOLAAN LABORATORIUM ADMINISTRASI PERKANTORAN UNTUK MENUNJANG KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SMK WIDYA PRAJA UNGARAN
Indah Rimbun Diani S, 7101412146 (2016) PENGELOLAAN LABORATORIUM ADMINISTRASI PERKANTORAN UNTUK MENUNJANG KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SMK WIDYA PRAJA UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan laboratorium administrasi perkantoran di Sekolah Menengah Kejuruan Widya Praja Ungaran, hambatan pengelolaan dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Desain penelitian ini adalah deskriptif, subjek penelitian adalah Kepala SMK Widya Praja Ungaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan dilakukan dengan triangulasi sumber dan triamgulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan laboratorium administrasi perkantoran di SMK Widya Praja Ungaran dalam perencanaan, pengadaan peralatan dan perlengkapan dilakukan setiap awal semester. Pengorganisasian laboratorium perkantoran belum maksimal, karena belum ada struktur organisasi secara khusus, sehingga pembagian tugas tidak jelas dan tegas. Pemeliharaan laboratorium kurang maksimal dikarenakan tidak dilakukan rutin. Pengawasan laboratorium belum maksimal karena belum dilakukan rutin dan belum ada standar khusus untuk mengawasi. 2) Hambatan dalam pengelolaan laboratorium administrasi perkantoran yaitu terbatasnya anggaran dana sekolah untuk pengadaan peralatan dan perlengkapan laboratorium, kurangnya koordinasi antar pengelola laboratorium administrasi perkantoran, pemeliharaan laboratorium yang kurang baik, dan pengawasan belum maksimal. 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu pengadaan peralatan dan perlengkapan disesuaikan dengan kebutuhan yang paling mendesak, koordinasi antar pengelola laboratorium dilakukan pada saat bertemu secara face to face, pemeliharaan dilakukan dengan membersihkan alat dan ruangan laboratorium pada saat akan digunakan, serta perbaikan pada alat yang rusak, pengawasan penggunaan dan kondisi peralatan laboratorium dilakukan pada saat laboratorium digunakan untuk pembelajaran. Kesimpulan hasil penelitian ini, bahwa pengelolaan laboratorium administrasi perkantoran di SMK Widya Praja Ungaran belum maksimal yaitu dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pemeliharaan dan pengawasan. Saran penelitian ini adalah: 1) Wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana harus lebih operasional dalam mengusahakan ketersediaan alat-alat praktik, 2) pihak sekolah harus membuat jadwal penggunaan laboratorium perkantoran, dan 3) lebih memperhatikan dalam hal penataan peralatan dan perlengkapan laboratorium agar sesuai mekanisme kerja kantor.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Laboratorium, Administrasi Perkantoran |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 38255 not found. |
Date Deposited: | 03 May 2017 13:32 |
Last Modified: | 03 May 2017 13:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26331 |
Actions (login required)
View Item |