PENGARUH PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL), LINGKUNGAN KELUARGA, DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2015/2016


Melinda Noviana Saputri , 7101412143 (2016) PENGARUH PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL), LINGKUNGAN KELUARGA, DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101412143.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

SMK merupakan satuan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didiknya untuk bekerja sesuai dengan bidang keahliannya. Berdasarkan data penelusuran alumni, dari 63 siswa akuntansi SMK Negeri 1 Kebumen yang sudah bekerja hanya 4 anak yang bekerja sesuai dengan bidangnya, sedangkan idealnya lulusan SMK sebanyak 20% bisa terserap di dunia kerja sesuai dengan keahliannya. Berdasarkan data observasi awal, dapat diketahui bahwa kesiapan kerja siswa masih cukup rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh praktik kerja lapangan (PKL), lingkungan keluarga, dan self-efficacy terhadap kesiapan kerja siswa secara langsung dan tidak langsung. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Kebumen sebanyak 160 siswa. Jumlah sampel sebanyak 114 siswa yang diambil dengan teknik Propotional Random Sampling. Variabel dependen penelitian ini adalah kesiapan kerja (Y), sedangkan variabel independennya meliputi praktik kerja lapangan (X1) dan lingkungan keluarga (X2), dan selfefficacy sebagai variabel intervening. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis jalur. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa kesiapan kerja siswa dalam kriteria siap yaitu sebesar 101,39, praktik kerja lapangan (PKL) dalam kriteria baik sebesar 48,89, lingkungan keluarga dalam kriteria baik sebesar 83,82, dan self-efficacy dalam kriteria tinggi sebesar 65,00. Secara parsial, praktik kerja lapangan (PKL) berpengaruh terhadap kesiapan kerja (4,41%), lingkungan keluarga berpengaruh terhadap kesiapan kerja (4,24%), dan self-efficacy berpengaruh terhadap kesiapan kerja (22,57%). Kemudian, secara tidak langsung praktik kerja lapangan melalui self-efficacy mempengaruhi kesiapan kerja sebesar 21,7%, sedangkan lingkungan keluarga berpengaruh 16% terhadap kesiapan kerja melalui self-efficacy Simpulan dari penelitian ini yaitu bahwa secara langsung maupun tidak langsung praktik kerja lapangan (PKL), lingkungan keluarga, dan self-efficacy berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Kebumen. Saran yang diberikan antara lain siswa hendaknya meningkatkan kemampuan akuntansi dan kesiapan kerjanya agar nanti siap bersaing di dunia kerja, sekolah dan DU/DI melalui komunikasi, kerjasama, dan kemitraan dapat memberikan pengalaman bekerja sesuai bidangnya, dan siswa hendaknya meningkatkan kepercayaan diri akan kemampuan yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Kerja, Praktik Kerja Lapangan, Lingkungan Keluarga, Self-Efficacy
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 38255 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2017 15:02
Last Modified: 18 Jul 2017 15:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26330

Actions (login required)

View Item View Item