FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Lenny Amitta Wijayana Kusuma, 7101412140 (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101412140.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengambilan keputusan dalam memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi dipengaruhi oleh faktor perguruan tinggi, faktor lingkungan dan faktor internal. Berdasarkan angket yang telah disebarkan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2015, diperoleh hasil sebanyak 47,4% mahasiswa memiliki tingkat pengambilan keputusan tinggi dalam memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi di Universitas Negeri Semarang. Banyaknya mahasiswa yang memilih Program Studi Pendidikan Akuntansi menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan mahasiswa dalam memilih program studi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang dominan dalam mempengaruhi pengambilan keputusan mahasiswa dalam memilih program studi pendidikan akuntansi di Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Semarang Fakultas Ekonomi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan akuntansi 2015 yang berjumlah 170 mahasiswa dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling dan perhitungan rumus Isaac dan Michael didapatkan sampel sebesar 118 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Prosedur penelitian ini meliputi pengumpulan data, pengolahan menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis faktor menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 11 faktor yang terbentuk menjadi 3 faktor. Ketiga faktor tersebut adalah: 1) faktor perguruan tinggi, 2) faktor lingkungan, 3) faktor internal. Faktor yang dominan berpengaruh yaitu faktor perguruan tinggi sebesar 38,4 %. Ketiga faktor ini memiliki nilai koefisien varian sebesar 61,8% selebihnya 38,2% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam model ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terbentuk 3 variabel dengan 11 faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan mahasiswa dalam memilih program studi pendidikan akuntansi di Universitas Negeri Semarang. Saran yang yang dapat diberikan adalah mahasiswa sebaiknya dalam memilih program studi yang ada di suatu perguruan tinggi harus lebih mempertimbangkan pemahaman, kemampuan dan keyakinan diri terhadap pengambilan keputusan yang nantinya akan dipilih. Serta sekolah, keluarga, dan perguruan tinggi juga ikut dalam memberikan pengarahan yang positif terkait pengambilan keputusan dalam memilih program studi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengambilan Keputusan, Pendidikan Akuntansi, Faktor
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 38255 not found.
Date Deposited: 04 May 2017 11:23
Last Modified: 04 May 2017 11:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26329

Actions (login required)

View Item View Item