PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU UNTUK MENINGKATKAN LITERASI IPA SISWA KELAS IV KURIKULUM 2013


Kustiarini, 0103513014 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU UNTUK MENINGKATKAN LITERASI IPA SISWA KELAS IV KURIKULUM 2013. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (522kB) | Preview

Abstract

Hasil survei Internasional TIMSS (2011) dan PISA (2012) menunjukkan bahwa hasil literasi IPA siswa Indonesia tergolong masih rendah bila dibandingkan dengan negara-negara lain. Aspek-aspek yang berkaitan dengan pembelajaran IPA di Indonesia masih kurang memperhatikan perolehan kepemilikan literasi IPA siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian dan pengembangan bahan ajar IPA terpadu untuk meningkatkan literasi IPA siswa. Desain uji coba yang digunakan ialah pre test and post test control group yang dilaksanakan di SDN Kleco 1 Surakarta. Bahan ajar valid dilihat dari rata-rata penilaian dari ahli materi yaitu 81,7% (sangat valid), ahli media yaitu 90,8% (sangat valid) dan praktisi yaitu 91,62% (sangat valid). Bahan ajar mudah dipahami berdasarkan nilai t hitung 14,36 lebih besar dari t tabel 1,83 dengan rata-rata hasil uji keterbacaan yaitu 90,74 lebih besar dari 60. Bahan ajar efektif meningkatkan kemampuan literasi IPA siswa dilihat dari meningkatnya rata-rata postes kelas eksperimen yang signifikan, dengan hasil N-Gain sebesar 0,53 lebih tinggi daripada kelas kontrol sebesar 0,34. Rata-rata postes kelas eksperimen 83,03 dan kelas kontrol 77,58. Perbedaan rata-rata sebesar 5,45. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPA terpadu yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, keterbacaan dan keefektifan. Pengembangan materi yang masih terbatas, pencapaian domain kognitif penalaran yang kurang optimal, serta scoring dan leveling kemampuan literasi IPA yang belum sesuai dengan standar TIMSS, maka diharapkan perlu diadakan penelitian dan pengembangan yang berkaitan dengan hal-hal tersebut oleh peneliti selanjutnya untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 31 Mar 2017 14:20
Last Modified: 31 Mar 2017 14:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26322

Actions (login required)

View Item View Item