PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Indira Pratiwi, 0103513131 (2016) PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (431Kb)

    Abstract

    Buku ajar merupakan faktor penting yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Studi awal menunjukkan bahwa guru dan peserta didik membutuhkan buku ajar yang sesuai. Dilaksanakan penelitian pengembangan buku ajar IPA berbasis pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning). Pengembangan buku ajar IPA berbasis pendekatan CTL ini dipilih karena sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan ada kaitannya dengan lingkungan dan pengalaman nyata. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah kualitas buku ajar IPA kelas IV semester 1 yang digunakan peserta didik kelas IV sekolah dasar? (2) Bagaimana karakteristik buku ajar IPA kelas IV semester 1 sekolah dasar yang layak untuk pemecahan masalah? (3) Apakah buku ajar IPA kelas IV semester 1 dengan pendekatan contextual teaching learning layak digunakan? (4) Apakah penerapan buku ajar IPA kelas IV semester 1 dengan pendekatan contextual teaching learning efektif untuk pemecahan masalah dan hasil belajar? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan kualitas buku yang sudah digunakan, (2) mendiskripsikan karakteristik buku ajar IPA berbasis contextual teaching learning untuk pemecahan masalah, (3) menentukan kelayakan buku ajar IPA oleh pakar atau ahli, dan (4) keefektifan buku ajar IPA. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan dari Thiagarajan, Sammel dan Semmel yang dikenal dengan 4-D dengan tahapan – tahapannya yaitu tahap define (Pendefinisian), design (Perancangan), dan develop (Pengembangan). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa buku ajar IPA berbasis pendekatan CTL valid. Hasil validasi mendapatkan kriteria sangat valid. Hasil belajar kognitif pada skala luas melebihi KKM. Hasil kemampuan keterampilan pemecahan masalah mendapatkan kriteria sangat baik. Saran untuk penelitian ini adalah buku ajar dapat digunakan pada sekolah lain dan sampai pada tahap penyebaran, guru menggunakan buku ajar sebaiknya melalui sintaks CTL, serta guru dan peserta didik saling bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran menggunakan buku ajar IPA berbasis pendekatan CTL untuk tercapainya hasil pembelajaran yang maksimal.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 31 Mar 2017 10:15
    Last Modified: 31 Mar 2017 10:15

    Actions (login required)

    View Item