PENGEMBANGAN MATERI PENGAYAAN MENULIS KARANGAN NARASI YANG BERMUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD

INDAH PINTA SARI, 0103513009 (2016) PENGEMBANGAN MATERI PENGAYAAN MENULIS KARANGAN NARASI YANG BERMUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (894Kb)

    Abstract

    Permasalahan pembelajaran menulis yang banyak dijumpai di lapangan yaitu menulis karangan narasi. Peserta didik mengalami kesulitan pada tahap memunculkan ide dan menyusun gagasan dalam menulis. Keberadaan buku teks belum mencukupi kebutuhan peserta didik dalam menulis karangan narasi. Atas dasar itulah, perlu dikembangkan materi pengayaan yang khusus berisi materi keterampilan menulis karangan narasi untuk menuntun peserta didik dalam berlatih menulis karangan narasi. Materi pengayaan menulis karangan narasi memiliki muatan nilai-nilai karakter di dalamnya. Nilai-nilai karakter dapat menjadi sumber inspirasi dalam menulis karangan narasi dan menjadi teladan bagi peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah kebutuhan pengembangan materi pengayaan menulis karangan narasi yang bermuatan nilainilai karakter pada peserta didik kelas V SD menurut persepsi pendidik dan peserta didik, (2) bagaimanakah prinsip-prinsip pengembangan materi pengayaan menulis karangan narasi yang bermuatan nilai-nilai karakter pada peserta didik kelas V SD, (3) bagaimanakah produk materi pengayaan menulis karangan narasi yang bermuatan nilai-nilai karakter pada peserta didik kelas V SD, dan (4) bagaimanakah keefektifan materi pengayaan menulis karangan narasi yang bermuatan nilai-nilai karakter pada peserta didik kelas V SD. Tujuan dari penelitian ini adalah mendekripsikan kebutuhan pengembangan, merumuskan prinsip-prinsip pengembangan, mengembangkan produk, dan menentukan keefektifan materi yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tujuh tahap berdasarkan kesepuluh tahap pengembangan teori Borg dan Gall. Tahap penelitian mencakup analisis teoretis dan praktis, analisis kebutuhan, penyusunan produk, validasi produk, revisi, uji coba, dan revisi hasil uji coba. Analisis kebutuhan pengembangan materi pengayaan menulis karangan narasi yang bermuatan nilai-nilai karakter pada peserta didik kelas V SD mencakup empat aspek kelayakan buku, yaitu aspek isi/materi, aspek penyajian, aspek kebahasaan, dan aspek kegrafikaan. Materi pokok dipaparkan secara jelas, v diberi contoh, dilengkapi pertanyaan pemandu, dan dijelaskan secara rinci serta runtut dengan bahasa yang mudah dipahami. Nilai-nilai karakter diintegrasikan ke dalam isi karangan narasi. Materi disajikan dari yang mudah ke yang sulit, kemudian diberi contoh dan latihan. Penggunaan bahasa pada materi pengayaan ini adalah bahasa yang komunikatif, menarik, dan mudah dipahami. Gambar ilustrasi disajikan menarik, sesuai dengan bacaan, dan sesuai untuk peserta didik SD. Prinsip-prinsip pengembangan materi pengayaan menulis karangan narasi yang bermuatan nilai-nilai karakter meliputi prinsip relevansi, prinsip konsistensi, dan prinsip kecukupan. Produk materi pengayaan menulis karangan narasi yang bermuatan nilai-nilai karakter disusun berdasarkan hasil studi pendahuluan, analisis kebutuhan pengembangan, dan perumusan prinsip-prinsip pengembangan. Hasil penilaian uji keefektifan menunjukkan bahwa pada kelas VA terdapat 15 (75%) peserta didik masuk dalam kategori nilai sangat baik dan sebanyak 5 (25%) peserta didik masuk dalam kategori nilai baik. Pada kelas VB terdapat 13 (65%) peserta didik masuk dalam kategori nilai sangat baik dan sebanyak 5 (25%) peserta didik masuk dalam kategori nilai baik. Terdapat pula 2 (10%) peserta didik yang masuk dalam kategori nilai cukup. Hasil uji t menunjukan Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0.000 yang menunjukan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretes dan posttes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa materi pengayaan menulis karangan narasi yang bermuatan nilai-nilai karakter efektif digunakan dalam pembelajaran menulis karangan narasi pada peserta didik kelas V SD. Saran yang dapat disampaikan adalah hendaknya pendidik dapat menerapkan produk pengembangan materi pengayaan menulis karangan narasi yang bermuatan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran menulis karangan narasi agar peserta didik lebih mudah dalam menentukan setiap unsur dan struktur cerita yang hendak ditulis, serta menulis karangan narasi secara mandiri.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 31 Mar 2017 10:12
    Last Modified: 31 Mar 2017 10:12

    Actions (login required)

    View Item