PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KELAS IV SD

Hayyu Widya Pratiwi, 0103513138 (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (559Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi awal di kelas IV SDN Kalicari 02 Semarang, ditemukan permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran IPS. Hal ini ditunjukkan dengan siswa yang memperoleh nilai KKM (KKM = 75). Yaitu siswa yang memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal 11 siswa dari 25 siswa (44%). Perbaikan dilakukan melalui pengembangan perangkat pembelajaran IPS dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis permasalahan dalam pembelajaran IPS. Mendesain perangkat pembelajaran IPS dengan pendekatan kontekstual, yang memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis dalam penggunaannya. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian dan pengembangan yang mengacu dari model Borg & Gall meliputi: (1) studi pendahuluan; (2) pengembangan; (3) validasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kalicari 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, observasi, angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan perangkat berupa silabus, RPP, LKS, THB, dan bahan ajar. Validasi terhadap perangkat pembelajaran menyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah valid (skor akhir > 3,25). Rata-rata hasil belajar IPS siswa di kelas eksperimen sebesar 86 melampaui kriteria yang ditetapkan sebesar 75. Hasil belajar siswa kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata peningkatan sebesar 0,68 dengan kategori sedang. Secara keseluruhan rata-rata peningkatan aktivitas siswa di kelas eksperimen dari pertemuan pertama dan terakhir sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari rata-rata respon guru sebesar 87,50% dengan kategori sangat positif. Rata-rata respon siswa sebesar 87,75% dengan kategori sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian ini, pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada materi perkembangan teknologi kelas IV SD memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 31 Mar 2017 10:07
    Last Modified: 31 Mar 2017 10:07

    Actions (login required)

    View Item