MODEL PEMANDUAN KEMAMPUAN GERAK DASAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LOKOMOTOR PADA ANAK TAMAN KANAK KANAK


Etty Prehateningsih, 0103513072 (2015) MODEL PEMANDUAN KEMAMPUAN GERAK DASAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LOKOMOTOR PADA ANAK TAMAN KANAK KANAK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (827kB) | Preview

Abstract

Fokus masalah penelitian ini adalah “Bagaimana model pemanduan kemampuan gerak dasar untuk meningkatkan keterampilan lokomotor yang valid, praktis, dan efektif?” Tujuan penelitian untuk menghasilkan model pemanduan kemampuan gerak dasar yang valid, praktis, dan efektif; menganalisis tingkat validitas, kepraktisan, dan keefektifan pelaksanaan model pemanduan dalam pembelajaran; dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan lokomotor pada anak TK. Desain penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) mengacu model umum Plomp dengan tahapan: pengkajian awal, perancangan, realisasi/konstruksi, tes, evaluasi dan revisi, dan implementasi. Prosedur penilaian menggunakan instrumen tes perkembangan gerak kasar. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan model pemanduan adalah sangat valid dengan Mean Rentang Persentase 0,911. Tingkat kepraktisan model pemanduan berdasarkan persepsi validator layak dan dapat digunakan untuk pembelajaran di TK dengan sedikit revisi. Tingkat kefektifan model pemanduan yang meliputi: tingkat ketercapaian keterampilan lokomotor meningkat dari deskripsi rata-rata sampai dengan sangat superior sebesar 90,323 % menjadi 95,163 %; aktivitas guru dalam pelatihan pada kriteria sangat tinggi dengan reliabelitas rata-rata 0,982; aktivitas anak dalam pembelajaran meningkat dari koefisien reliabilitas 0,753 menjadi 0,873 pada kategori sangat tinggi; dan diperoleh respon positip anak dalam pembelajaran pada kategori sangat baik/sangat suka sebesar 88,71 %. Hasil penelitian lain diperoleh keterlaksanaan implementasi pembelajaran pada kategori sangat tinggi dengan mean persentase total 87,18 %. Simpulan telah dihasilkan suatu produk berupa model pemanduan yang dikemas dalam buku dan CD dengan tingkat kevalidan pada kriteria sangat baik/sangat valid. Tingkat kepraktisan pada kriteria sangat baik dan layak sebagai model pemanduan pembelajaran di TK. Tingkat keefektifan pada kategori sangat tinggi. Saran bagi guru dan lembaga TK untuk menambah pengetahuan baru dan mengimplementasikan model pemanduan kemampuan gerak dasar dan prosedur penilaiannya dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan lokomotor pada anak TK. Bagi para pembaca dan peneliti sebagai pengetahuan dan acuan untuk penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 30 Mar 2017 18:29
Last Modified: 30 Mar 2017 18:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26317

Actions (login required)

View Item View Item