PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK KELAS IV SD BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERWAWASAN KEARIFAN LOKAL KABUPATEN BANYUMAS

Budi Hermawan, 0103513058 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK KELAS IV SD BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERWAWASAN KEARIFAN LOKAL KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (571Kb)

    Abstract

    Pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual penting diterapkan karena dapat membantu siswa membuat sebuah keterkaitan antara materi dengan konteks kehidupan sehari-hari mereka. Pengaitan pembelajaran kontekstual dengan kearifan lokal juga penting agar siswa mudah mengaitkan sebuah materi dengan lingkungan mereka serta dapat mengenal kearifan lokal daerahnya. Salah satu faktor penunjang keberhasilan dalam pembelajaran adalah bahan ajar. Bahan ajar tematik kelas IV yang berbasis pembelajaran kontekstual dengan wawasan kearifan lokal Kabupaten Banyumas saat ini masih belum ada. Untuk itu dibutuhkan bahan ajar tematik berbasis pembelajaran kontekstual berwawasan kearifan lokal Kabupaten Banyumas. Fokus penelitian ini akan mendeskripsikan karakteristik bahan ajar tematik kelas IV yang ada pada saat ini, menghasilkan bahan ajar tematik kelas IV SD berbasis pembelajaran kontekstual berwawasan kearifan lokal Kabupaten Banyumas yang valid, menguji kepraktisan, dan keefektifannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain Research & Development (R&D) yang terdiri dari 7 langkah yaitu, (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk. Validasi produk dilakukan oleh ahli, uji coba kepraktisan diukur melalui angket respon guru dan siswa setelah pemakaian produk, uji coba keefektifan dilakukan menggunakan pre-experimental design dengan bentuk One–Shoot Case Study. Hasil penelitian diperoleh bahwa karakteristik bahan ajar tematik kelas IV yang ada pada saat ini masih kurang kontekstual, materi yang diajarkan perlu dikaitkan dengan kearifan lokal Kabupaten Banyumas agar lebih kontekstual serta dapat mengenalkan kearifan lokal Kabupaten Banyumas kepada siswa. Dihasilkan produk bahan ajar tematik kelas IV SD berbasis pembelajaran kontekstual berwawasan kearifan lokal Kabupaten Banyumas yang valid dengan presentase 90,78%, kriteria keterbacaan yang mudah dipahami dengan nilai rata-rata tes keterbacaan 86, bahan ajar yang praktis dengan presentase kepraktisan guru dan siswa sebesar 85,65% dan 87,96%, bahan ajar yang efektif dengan nilai rata-rata siswa adalah 3,31 atau B+ dan ketuntasan klasikal sebesar 88,89%. Berdasarkan hasil ini, disarankan agar bahan ajar tematik kelas IV SD berbasis pembelajaran kontekstual berwawasan kearifan lokal Kabupaten Banyumas dapat digunakan sebagai pembanding serta referensi dalam kegiatan penelitian lain yang sejenis dengan tujuan menghasilkan produk yang dapat meningkatkan proses pembelajaran dan pengetahuan kearifan lokal kabupaten Banyumas.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 30 Mar 2017 14:20
    Last Modified: 30 Mar 2017 14:20

    Actions (login required)

    View Item