PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBICARA TINGKAT LANJUT PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU BERBASIS MASALAH BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Arum Ratnaningsih, 0103513110 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBICARA TINGKAT LANJUT PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU BERBASIS MASALAH BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (591Kb)

    Abstract

    Bahan ajar berbicara tema tempat tinggalku berbasis masalah disusun berdasarkan empat hal yang melatarbelakangi, yakni tuntutan dalam kurikulum 2013 untuk terampil dalam mengkomunikasikan; ketidakpuasan terhadap bahan ajar yang beredar; hasil belajar peserta didik; dan kesadaran akan pengolahan lingkungan tempat tinggal. Fokus masalah penelitian ini adalah kebutuhan, karakteristik, bahan ajar berbicara, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar.Adapun tujuan penelitian adalah bahan ajar yang efektif dan efisien. Pendekatan penelitian ini menggunakan R&D. Pengembangan yang dipakai delapan tahapan yang meliputi menggali potensi dan masalah, menganalisis kebutuhan, penyusunan desain bahan ajar, validasi bahan ajar, revisi, uji coba skala terbatas, revisi kembali, dan uji coba skala luas. Metode yang digunakan terdiri dari dua metode, yakni metode deskriptif melalui survei dan studi pustaka dan metode eksperimental melalui uji coba. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) kebutuhan bahan ajar menurut pengguna, meliputi keterampilan berbicara, pemecahan masalah, teks bacaan petualangan, kemenarikan sajian bahan ajar, dan kepraktisan dalam penggunaan buku; (b) karakteristik bahan ajar secara teoretis dan empiris, terdiri dari relevansi, konsistensi, ketepatan, keterbaruan, komunikatif, keaktifan, kemenarikan, sistematika, keakuratan, kemudahan, dan kepraktisan; (c) bahan ajar terdiri dari pengembangan isi bahan ajar, kebahasaan meliputi kaidah bahasa dan keterbacaan, dan penyajian dari aspek format penyajian dan kegrafikaan bahan ajar; (d) bahan ajar praktis digunakan oleh guru dan peserta didik dengan respon rata-rata > 85%; dan (e) keefektifan bahan ajar dari ketuntasan belajar dalam uji skala luas 77% dengan ratarata > 76. Bahan ajar berbicara tingkat lanjut pada tema tempat tinggalku berbasis masalah yang dibutuhkan oleh peserta didik SD dan pengguna meliputi kompetensi berbicara, keterbacaan teks, sajian menarik, dan kemudahan penggunaan bahan ajar.Karakteristik bahan ajar meliputi relevansi, komunikatif, kemenarikan, kemudahan, dan kepraktisan.Bahan ajar berbicara meliputi komponen isi, kebahasaan, dan penyajian.Kepraktisan pengguna terhadap bahan ajar terlihat dari tanggapan positif dan menyenangkan.Keefektifan dari bahan ajar yakni sebagai buku pendamping dalam pembelajaran. Saran untuk calon peneliti lain agar lebih maksimal mencapai indikator berbicara tingkat lanjut.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 30 Mar 2017 14:16
    Last Modified: 30 Mar 2017 14:16

    Actions (login required)

    View Item