KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CTL DAN PBL PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV TERHADAP SKOR KREATIVITAS DAN SKOR TES

ARINI ULFA GARINA, 0103513036 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CTL DAN PBL PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV TERHADAP SKOR KREATIVITAS DAN SKOR TES. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (557Kb)

    Abstract

    Pembelajaran yang dirasa mampu meningkatkan kreativitas siswa dalam pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari adalah pembelajaran dengan menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL). Rumusan masalah penelitian ini : (1) Adakah perbedaan skor tes antara siswa yang mendapat pembelajaran IPA melalui model CTL, model PBL dan model Konvensional materi Sumber Daya Alam?; (2) Adakah perbedaan skor kreativitas antara siswa yang mendapat pembelajaran IPA melalui model CTL, model PBL dan model Konvensional materi Sumber Daya Alam?; (3)Adakan hubungan yang positif dan signifikan antara skor kreativitas terhadap skor tes?. Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan rancangan penelitian faktorial. Teknik sampling yang digunakan Purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kab. Blora yaitu kelas IVA SDN 1 Pengkolrejo diberi perlakuan model CTL, kelas IVB SDN 1 Pengkolrejo diberi perlakuan model PBL dan kelas IV SDN 2 Pengkolrejo diberi perlakuan model Konvensional dengan populasi 8 SD Negeri di Kec. Japah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes soal pilihan ganda dan observasi kreativitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan skor tes antara siswa yang mendapat pembelajaran IPA dengan model CTL, PBL dan Konvensional ditunjukan dengan hasil Uji Kruskall- Wallis dimana nilai probabilitas 0,000 < 0,05; (2) terdapat perbedaan skor kreativitas antara siswa yang mendapat pembelajaran IPA dengan model CTL, PBL dan Konvensional ditunjukan dengan hasil uji Kruskall- Wallis dimana nilai probabilitas 0,000 < 0,05; (3) terdapat perbedaan yang positif dan signifikan antara skor kreativitas dengan skor tes, dilihat dari hasil uji hubungan, dimana koefisien korelasi ketiga kelas yaitu 0,814; 0,514; dan 0,504 > r_tabel sebesar 0,361 dan 0,367 maka seluruhnya H_a diterima. Disarankan, dalam pembelajaran sumber daya alam kelas IV SD disarankan menggunakan model CTL dan PBL juga hendaknya mengembangkan kreativitas.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 30 Mar 2017 14:12
    Last Modified: 30 Mar 2017 14:12

    Actions (login required)

    View Item