KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN MODEL SINEKTIK DALAM PEMBELAJARAAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA EKSTROVER KELAS VII SMP

Ana Solikha , 0103513024 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN MODEL SINEKTIK DALAM PEMBELAJARAAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA EKSTROVER KELAS VII SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (650Kb)

    Abstract

    Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu bangsa. Makin tinggi tingkat keterampilan, pendidikan, dan teknologi, maka makin bertambah khazanah ilmu pengetahuan menuju tercapainya tujuan pendidikan, yakni untuk mencerdasakan kehidupan bangsa. Kemampuan guru dalam menyampaikan setiap materi pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa. Pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan metode ceramah memunculkan asumsi bahwa pembelajaran bahasa Indonesia hanya hafalan materi sehingga terkesan membosankan. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kefektifan model pembelajaran berbasis proyek dalam keterampilan menulis cerita pendek siswa ekstrover Kelas VII SMP Negeri 1 Bulakamba, SMP Negeri 1 Larangan, dan SMP Negeri 2 Kersana, (2) bagaimanakah keefektifan model sinektik dalam menulis cerita pendek siswa ekstrover kelas VII SMP Negeri 1 Bulakamba, SMP Negeri 1 Larangan, dan SMP Negeri 2 Kersana, (3) bagimanakah perbedaan keefektifan model pembelajaran berbasis proyek dan model sinektik menulis cerita pendek siswa ekstrover kelas VII SMP Negeri 1 Bulakamba, SMP Negeri 1 Larangan, dan SMP Negeri 2 Kersana. Dalam penelitian ini digunakan desain penelitian eksperimen. Penelitian dilakukan di (1) SMP Negeri 1 Bulakamba, (2) SMP Negeri 1 Larangan, dan (3) SMP Negeri 2 Kersana. Pengambilan sekolah sampel berdasarkan pada lokasi sekolah dan siswa ekstrover di sekolah tersebut. Perangkat yang digunakan meliputi silabus dan RPP yang telah diadobsi menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, dan model sinektik. Temuan yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa (1) model pembelajaran berbasis proyek cukup efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa ekstrover kelas VII, (2) pembelajaran menulis cerpen dengan model sinektik efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa ekstrover kelas VII, (3) pembelajaran menulis cerpen menggunakan model sinektik lebih efektif dibandingkan pembelajaran berbasis proyek dalam menulis cerpen siswa ekstrover kelas VII, (4) Guru dan siswa lebih menyukai pembelajaran dengan model pembelajaran dibandingkan hanya mengetahui unsur-unsur cerpen menggunakan hafalan materi yang diberikan guru.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 30 Mar 2017 14:08
    Last Modified: 30 Mar 2017 14:08

    Actions (login required)

    View Item