PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERVISI SETS BERBANTUKAN OUTDOOR LEARNING PADA IPA KELAS V


ACHMAD SYARIFUDIN, 0103513095 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERVISI SETS BERBANTUKAN OUTDOOR LEARNING PADA IPA KELAS V. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (440kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar yang digunakan saat ini hanya berasal dari buku peserta didik sehingga diperlukan tambahan bahan ajar lain sebagai pendukung bagi peserta didik. Guru sendiri tidak memiliki bahan ajar dalam menyampaikan materi yang dibahas sehingga guru menggunakan bahan ajar dari peserta didik. Penumbuhan berpikir ilmiah selama ini belum muncul. Bahan ajar yang tersedia di sekolah rata-rata belum mengaitkan unsur lingkungan, teknologi dan masyarakat serta belum dimanfaatkan sebagai inovasi bahan ajar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA. Berdasarkan berbagai masalah tersebut maka perlu dikembangkan bahan ajar bervisi SETS untuk kelas V SD. Tujuan dari penelitian ini untuk mengahasilkan bahan ajar bervisi SETS sebagai suplemen bagi peserta didik di kelas V SD. Jenis penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan (Research And Development) yang meliputi tiga tahap yaitu tahap pendahuluan, pengembangan dan validasi. Desain penelitian ini menggunakan Posttest-Only Control Design. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, validasi, angket, dan evaluasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kaulitatif untuk mendeskripsikan kebutuhan awal guru dan peserta didik, analisis kuantitatif untuk mendeskripsikan aktivitas, respons dan kemampuan berpikir ilmiah. Hasil evaluasi dinalisis dengan statistik deskriptif uji-t. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: (1) Hasil validasi produk memperoleh skor rata-rata 105,6 dengan kategori sangat baik. (2) Hasil respons peserta didik dengan rerata 33,2 dengan kategori sangat baik. (3) Ketuntasan dari hasil evaluasi kelas eksperimen memperoleh nilai rerata 7,6 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 5, serta kemampuan berpikir ilmiah peserta didik kelas eksperimen dengan rerata 17,1 dengan kategori sangat baik. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu bahan ajar bervisi merupakan bahan ajar yang valid, efektif dan mampu memunculkan kemampuan berpikir ilmiah yang dapat digunakan sebagai bahan ajar IPA kelas V SD. Saran dar penelitian ini ialah bahan ajar bervisi SETS perlu dikembangkan pada materi dan pelajaran lain sesuai dengan kompetensi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 30 Mar 2017 17:28
Last Modified: 30 Mar 2017 17:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26310

Actions (login required)

View Item View Item