KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN DAN KEMATANGAN KARIR SISWA SMK (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA SMK BINA WIYATA SRAGEN)


Suci Prasasti, 0105511034 (2015) KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN DAN KEMATANGAN KARIR SISWA SMK (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA SMK BINA WIYATA SRAGEN). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (542kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi untuk meningkatkan sikap kewirausahaan dan kematangan karir siswa SMK. Tujuan penelitian ini: Mendeskripsikan dan menganalisis layanan bimbingan kelompok teknik simulasi efektif untuk meningkatkan sikap kewirausahan dan kematangan karir siswa SMK Bina Wiyata Sragen dan seberapa besar konstribusi layanan bimbingan kelompok teknik simulasi untuk meningkatkan sikap kewirausahan dan kematangan karir siswa SMK Bina Wiyata Sragen. Desain yang akan digunakan oleh peneliti adalah pre- experimental design dengan One – Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Otomotif 1 SMK Bina Wiyata Sragen Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Otomotif 1 dengan jumlah 10 orang dari 32 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan skala sikap kewirausahaan dan kematangan karir. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis Tes Ranking Bertanda Wilcoxon untuk data berpasangan (Wilcoxon Match Pair-Test). Berdasarkan hasil yang diperoleh, menunjukkan bahwa terdapat peningkatan sikap kewirausahaan siswa SMK Bina Wiyata setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok teknik simulasi. Dari hasil analisis data penelitian, diketahui bahwa rata-rata tingkat kematangan karir dan sikap kewirausahaan siswa setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok teknik simulasi lebih tinggi jika dibandingkan dengan sebelum memperoleh layanan bimbingan kelompok. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi masih memungkinkan untuk dikembangkan dan dimodifikasi secara lebih lanjut dengan memperluas teknik layanan bimbingan kelompok dan menambahkan unsur karir lainnya serta melibatkan stake holders yang lain seperti orang tua dan guru mata pelajaran lainnya sehingga program layanan bimbingan konseling menjadi lebih komprehensif dan terjalin kerja sama yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 30 Mar 2017 17:04
Last Modified: 30 Mar 2017 17:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26308

Actions (login required)

View Item View Item