EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIK UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN SISWA SMP NEGERI 19 SEMARANG


Solechah, 0105513054 (2016) EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIK UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN SISWA SMP NEGERI 19 SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (634kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan konseling kelompok di SMP N 19 Semarang, (2) Memperoleh gambaran tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi ujian di SMP N 19 Semarang (3) Mendeskripsikan pelaksanaan konseling kelompok menggunakan desensitisasi sistematik untuk mereduksi kecemasan dalam menghadapi ujian siswa SMP N 19 Semarang (4) Mengetahui keefektifan konseling kelompok menggunakan desensitisasi sistematik untuk mereduksi kecemasan dalam menghadapi ujian siswa SMP N 19 Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent group pretes-postes control. Peneliti menggunakan kelompok yang sudah ada, memberikan pretes, menyelenggarakan perlakuan eksperimen dan kelompok kontrol. Subyek penelitiannya yaitu 8 siswa sebagai kelompok ekperimen dan 8 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan skala kecemasan menghadapi ujian. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diperoleh hasil bahwa 1) layanan konseling kelompok sudah dilaksankan di di SMP Negeri 19 Semarang namun masih terfokus pada siswa yang mengalami masalah dan teknik yang digunakan hanya teknik diskusi. 2) kecemasan dalam menghadapi ujian siswa kelas IX SMP Negeri 19 Semarang, diperoleh hasil pada kategori tinggi sebanyak 2 siswa (6,67%), kategori sedang 22 siswa (73,33%), dan kategori kurang 6 siswa (20,00%). 3) Konseling kelompok dengan teknik desensitisasi sistematik untuk mengurangi kecemasan dalam menghadapi ujian siswa SMP Negeri 19 Semarang dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan. Tahapan yang dilaksanakan yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, tahap pengakhiran. 4) Keefektifan konseling kelompok menggunakan desensitisasi sistematik terbukti efektif untuk mengurangi kecemasan dalam menghadapi ujian. Uji keefektifan dibuktikan dengan uji beda dengan t hitung 10,507 > t tabel 2,262. Hal ini juga dapat dilihat dari menurunnya perolehan skor sebesar 30% pada pretest dan posttest. Implikasi hasil penelitian konseling kelompok dengan teknik desensitisasi sistematik bisa dijadikan rujukan untuk mengurangi kecemasan dalam menghadapi ujian. Disarankan kepada konselor untuk selalu meningkatkan kompetensi sebagai praktisi BK untuk dapat melaksanakan konseling kelompok dengan teknik desensitisasi sistematik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 30 Mar 2017 16:58
Last Modified: 30 Mar 2017 16:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26307

Actions (login required)

View Item View Item