PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA SMP NEGERI KOTA SEMARANG


Septi Wulandari, 0105513018 (2016) PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA SMP NEGERI KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (445kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan model bimbingan kelompok dengan teknik experiential learning untuk meningkatkan empati siswa SMP Negeri Kota Semarang yang disusun berdasarkan beberapa tujuan yaitu (1)mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan kelompok di SMP Negeri Kota Semarang, (2)mendeskripsikan tingkat empati siswa SMP Negeri Kota Semarang, (3) menghasilkan model bimbingan kelompok dengan teknik experiential learning untuk meningkatkan empati siswa SMP Negeri Kota Semarang, (4) mengetahui tingkat keefektifan model bimbingan kelompok dengan teknik experiential learning dalam meningkatkan empati siswa SMP Negeri Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan langkah penelitian yaitu (1) studi pendahuluan, (2) merancang model hipotetik, (3) uji kelayakan model hipotetik, (4) perbaikan model hipotetik, (5) uji empirik, (6) menyusun model akhir. Model ini divalidasi oleh dua orang pakar ahli bimbingan dan konseling dan enam orang validator praktisi. Penelitian ini menjawab empat rumusan masalah: (1) bimbingan kelompok sudah dilaksanakan di SMP Negeri Kota Semarang dengan melewati 4 tahapan dalam pelaksanaannya menggunakan teknik diskusi dan ditujukan untuk mengentaskan masalah siswa (2) tingkat empati di SMP Negeri Kota Semarang sebelum diberi perlakuan berada pada katagori rendah, (3) dihasilkan model bimbingan kelompok dengan teknik experiential learning untuk meningkatkan empati, yang terdiri dari 7 komponen yaitu (a) rasional, (b) visi dan misi, (c) tujuan, (d) isi bimbingan kelompok dengan teknik experiential learning, (e) dukungan sistem, (f) tahapan pelaksanaan, dan (g) evaluasi dan tindak lanjut, dan (3) model bimbingan kelompok dengan teknik experiential learning efektif dalam meningkatkan empati di SMP Negeri Kota Semarang sesuai dengan hasil uji statistik wilcoxon menunjukkan nilai wilcoxon 0,005 < 0,05 serta terjadinya peningkatan hasil pretes dan postes sebesar 20,00%. Guru BK disarankan mengaplikasikan model bimbingan kelompok teknik experiential learning karena layanan ini terbukti efektif dalam meningkatkan empati siswa di SMP Negeri Kota Semarang. Saran bagi kepala sekolah untuk menyediakan fasilitas terkait hal itu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 30 Mar 2017 16:54
Last Modified: 30 Mar 2017 16:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26306

Actions (login required)

View Item View Item