Pengembangan Model Bimbingan Kelompok berbasis Self Concept Life Span untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa SMP Muhammadiyah Kota Samarinda


Sai Handari, 0105513034 (2015) Pengembangan Model Bimbingan Kelompok berbasis Self Concept Life Span untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa SMP Muhammadiyah Kota Samarinda. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (660kB) | Preview

Abstract

Karir ialah sebuah proses yang dihubungkan dengan aktifitas seseorang mengambil keputusan dalam rentang kehidupan, dimana individu melihat karir tidak hanya sekedar pekerjaan namun merupakan perkembangan individu (self development) dalam rentang kehidupan. Namun, permasalahan yang sering terjadi ialah bahwa istilah karir sering diartikan sebagai suatu proses dalam penggapaian kesuksesan dalam pekerjaan yang ditekuni ketika individu memasuki usia dewasa serta harus memulai dalam merencanakan kehidupan yang dimilikinya, sehingga dampak yang ditimbulkan individu memperoleh minimnya informasi yang terkait karir, ataupun hal-hal yang akan mendukung pentingnya karir dalam perkembangan kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan kelompok di SMP Muhammadiyah Samarinda, mengetahui tingkat perencanaan karir siswa, menghasilkan model bimbingan kelompok berbasis self concept life span untuk meningkatkan perencanaan karir siswa SMP, dan mengetahui keefektifan model yang dikembangkan.Penelitian ini menggunakan metode Research and Development(R&D), dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut: (1) Persiapan Pengembangan Model, (2) Merancang Model Hipotetik, (3) Uji Kelayakan Model Hipotetik, (4) Penyusunan Model Awal, (5) Uji Lapangan Model Awal, dan (6) Hasil Akhir Produk. Dari hasil wawancara, observasi dan studi dokumentasi menggambarkan pelaksanaan bimbingan kelompok di sekolah sudah berjalan namun belum maksimal, sedangkan hasil skala perencanaan karir menggambarkan 35,54% pada kategori kurang. Berdasarkan hasil pengembangan model, ditemukan model bimbingan kelompok berbasis self concept life span untuk meningkatkan perencanaan karir siswa SMP yang meliputi: (1) Rasional, (2) Visi dan Misi Bimbingan Kelompok, (3) Tujuan Bimbingan Kelompok, (4) Isi Bimbingan Kelompok (5) Pendukung Sistem Bimbingan Kelompok, (6) Tahapan Bimbingan Kelompok, dan (7) Evaluasi dan Tindak Lanjut. Dari hasil uji coba lapangan, kemampuan perencanaan karir siswa mengalami peningkatansetelah mengikuti kegiatan bimbingan kelompok berbasis self concept life span. Keseluruhan nilai asymp sig0,001< 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok berbasis self concept life span efektif untuk meningkatkan perencanaan karir siswa SMP.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 30 Mar 2017 16:44
Last Modified: 30 Mar 2017 16:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26304

Actions (login required)

View Item View Item