KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MUSIK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 BOJA TAHUN PELAJARAN 2015/2016


RADEN RORO RENI HARTATI, 0105513063 (2015) KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MUSIK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 BOJA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (691kB) | Preview

Abstract

Musik membuat seseorang dapat mengekspresikan diri dengan bebas, membuat seseorang lebih cerdas, meningkatkan daya ingat, meningkatkan kreativitas, menyehatkan tubuh, meningkatkan kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsi gambaran pelaksanaan bimbingan kelompok pada SMP Negeri 2 Boja, (2) mendeskripsi gambaran kondisi kecerdasan emosional siswa SMP Negeri 2 Boja, (3) mendeskripsi gambaran kondisi konsentrasi belajar siswa SMP Negeri 2 Boja, (4) memaparkan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan media musik untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa SMP Negeri 2 Boja, (5) memaparkan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan media musik untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa SMP Negeri 2 Boja, dan (6) menentukan keefektifan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan media musik untuk meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik SMP Negeri 2 Boja, dan (7) menentukan keefektifan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan media musik untuk meningkatkan konsentrasi belajar pesera didik SMP Negeri 2 Boja. Penelitian ini merupakan pra-eksperimen dengan desain penelitian single group pretest-posttest design, melalui beberapa tahapan yaitu pretest, pemberian perlakuan, dan postest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Boja yang berjumlah 247 siswa. Uji coba dilakukan terhadap salah satu kelas yang berjulah 31 siswa, sehingga tersisa 216 siswa untuk diambil 30 siswa yang mempunyai kecerdasan emosional rendah dan konsentrasi belajar rendah masing-masing 15 siswa. Analisis data menggunakan paired sample t test. Hasil paired t test adalah bahwa ada perbedaan yang signifikan kecerdasan emosional antara pretest dan posttest (ttest = 9,712 dan p < 0,05). Pengujian paired t test adalah bahwa ada perbedaan yang signifikan konsentrasi belajar antara pretes dan postes (ttest = 5,667 dan p < 0,05). Kecerdasan emosional siswa mengalami peningkatan sebesar 14,23% sedangkan konsentrasi belajar mengalami peningkatan sebesar 2,94%. Jadi layanan bimbingan kelompok dengan media musik lebih efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa dibandingkan dengan konsentrasi belajar siswa. Saran yang penulis kemukakan bagi guru SMP Negeri 2 Boja adalah pada penerapan layanan bimbingan kelompok ke depan perlu mencermati dan mengidentifikasn permasalahan secara sistematis dan menggunakan prosedur bimbingan kelompok dengan benar, sehingga akan dicapai hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 30 Mar 2017 16:39
Last Modified: 30 Mar 2017 16:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26303

Actions (login required)

View Item View Item