PENGEMBANGAN MODEL INSTRUMEN EVALUASI PROSES PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL (Studi di SMP Negeri Kota Semarang)


Romika Rahayu, 0105513033 (2016) PENGEMBANGAN MODEL INSTRUMEN EVALUASI PROSES PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING FORMAT KLASIKAL (Studi di SMP Negeri Kota Semarang). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan evaluasi proses layanan bimbingan dan konseling format klasikal membutuhkan instrumen. Instrumen yang digunakan harus akurat, guna menghasilkan data yang akurat, instrumen yang tidak akurat akan menghasilkan data yang tidak akurat pula. Permasalahan terkait, berdasarkan dari hasil temuan di SMP Negeri Kota Semarang, bahwa evaluasi proses dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dengan menggunakan instrumen, instrumen yang digunakan masih belum efektif untuk mengevaluasi proses layanan bimbingan dan konseling, hal ini terbukti, instrumen hanya menilai aktivitas peserta didik saja, tidak ada analisa data terhadap hasil penilaian melalui instrumen yang digunakan. Instrumen seharusnya mampu menyajikan data/informasi yang akurat untuk dijadikan sebagai bahan penilaian dan perbaikan terhadap pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan (1) menganalisa model instrumen evaluasi proses layanan bimbingan dan konseling faktual, (2) menghasilkan model instrumen evaluasi proses layanan bimbingan dan konseling yang efektif. Metode penelitian ini reseach and developmen (R & D), melalui tahapan: (1) melakukan penelitian ekplorasi, (2) menyusun model hipotetik, (3) melakukan validasi ahli dan praktisi terhadap model hipotetik, (4) evaluasi dan perbaikan awal, (5) melakukan uji kelayakan model hipotetik melalui Focus Grouo Discussion, (6) evaluasi dan perbaikan akhir dalam rangka model akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) instrumen evaluasi proses layanan bimbingan dan konseling format klasikal faktual belum layak digunakan untuk mengevaluasi proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling, (2) ditemukan desain model instrumen yang layak digunakan untuk mengevaluasi proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling format klasikal, terdiri dari: (a) rasional, (b) tujuan instrumen, (c) kisi-kisi instrumen, (d) isi instrumen, dan (e) analisa data. Saran yang diajukan dalam penelitian adalah (1) instrumen evaluasi proses pelaksanaan layanan BK hasil pengembangan bisa dimanfaatkan oleh kepala sekolah dan koordinator bimbingan dan konseling dalam mengevaluasi pelaksanaan layanan format klasikal, membantu guru BK dalam meningkatkan mutu pelayanan profesional bimbingan dan konseling, (2) instrumen hasil pengembangan hanya sampai pada uji terbatas saja, sehingga untuk melihat lebih jauh efektivitas instrumen evaluasi proses layanan BK format klasikal yang dikembangkan perlu adanya uji coba lebih luas dan publikasi yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 30 Mar 2017 11:02
Last Modified: 30 Mar 2017 11:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26302

Actions (login required)

View Item View Item