PENGEMBANGAN INVENTORI KESIAPAN KERJA SECARA ONLINE DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING (Penelitian pada SMK jurusan Teknik Otomotif Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Wonogiri)


Nisa Adika, 0105513061 (2016) PENGEMBANGAN INVENTORI KESIAPAN KERJA SECARA ONLINE DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING (Penelitian pada SMK jurusan Teknik Otomotif Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Wonogiri). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (722kB) | Preview

Abstract

Kesiapan kerja bagi peserta didik akan menjadi bekal memasuki dunia pekerjaan. Guru BK memerlukan alat mengungkap masalah dan kebutuhan mengenai kesiapan kerja sebagai dasar pemberian layanan bimbingan dan konseling karir. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan need assessment kesiapan kerja, dan (2) menghasilkan inventori kesiapan kerja online bagi peserta didik SMK bidang keahlian teknik kendaraan ringanyang valid dan reliable. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan mengacu pada teori Borg&Gall, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) merumuskan inventori kesiapan kerja, (3) uji kelayakan(4) perbaikan, (5) uji empirik, (6) model akhir. Uji kelayakan dilakukan dengan penilaian ahli bidang TI, ahli bimbingan konseling dan praktisi serta uji coba terbatas pada peserta didik. Subyek penelitian sebanyak 583 dipilih secara simple random sampling. Hasil uji validitas item dengan menggunakan analisis korelasi item-total Product Moment Pearson, untuk mengitung koefisien reliabilitas menggunakan teknik analisis Alfa Cronbach, sedangkan analisis faktor dengan KMO (Kaiser-Meyer-Oikin) dan Bartlett tes of Spchericity. Produk penelitian adalah inventori kesiapan kerja secara online bagi peserta didik SMK bidang keahlian teknik kendaraan ringan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, diperoleh hasil untuk menjawab rumusan masalah yaitu (1) Pelaksanaan need assessment kesiapan kerja dilakukan dengan wawancara secara personal dengan peserta didik di ruang BK. Hal ini dapat dikatakan tidak efektif karena tidak ada panduan wawancara yang jelas. Maka guru BK perlu alat untuk mengukur kesiapan kerja khususnya bidang keahlian teknik kendaraan ringan (2) Format akhir inventori kesiapan kerja terdiri dari 61 item valid, 33 item favorable dan 28 item unfavorable dengan koefisien reliabilitas 0,927, sedangkan hasil analisis faktor 0,849. Inventori kesiapan kerja memiliki koefisien validitas dan reliabilitas yang tinggi maka dapat dikatakan memiliki tingkat ketepatan dalam mengukur dan dapat digunakan sebagai instrumen. Item yang valid kemudian diinput dalam aplikasi online. Guru BK sebagai admin inventori kesiapan kerja secara online disarankan menggunakannya sebagai instrumen pengumpul data dalam mengukur kesiapan kerja peserta didik mengetahui masalah dan kebutuhan peserta didik mengenai dengan kesiapan kerja yang hasil analisis dapat diketahui dengan cepat sehingga dapat membantu guru BK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 30 Mar 2017 10:52
Last Modified: 30 Mar 2017 10:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26300

Actions (login required)

View Item View Item