Penerapan Pembelajaran Berorientasi Lifeskill pada Materi Daur Ulang Limbah terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Tayu Pati


Inggrit Prasesty , 4401406577 (2011) Penerapan Pembelajaran Berorientasi Lifeskill pada Materi Daur Ulang Limbah terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Tayu Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Pembelajaran Berorientasi Lifeskill pada Materi Daur Ulang Limbah terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Tayu Pati]
Preview
PDF (Penerapan Pembelajaran Berorientasi Lifeskill pada Materi Daur Ulang Limbah terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Tayu Pati) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal rata-rata hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Tayu Pati sebesar 63,87. Hal ini dikarenakan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Dampaknya pada tahun ajaran 2009 siswa belum mencapai ketuntasan belajar pada materi daur ulang limbah. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan pembelajaran interaktif yang berorientasi Lifeskill. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berorientasi lifeskill pada materi daur ulang limbah terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa SMAN 1 Tayu Pati Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Tayu Pati pada semester genap tahun ajaran 2009/2010. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu mengambil tiga kelas sebagai sampel dari keseluruhan populasi yang ada. Rancangan penelitian ini menggunakan desain one-shot case studi. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil penelitian. Hasil penelitian aktivitas siswa pada pertemuan pertama menunjukkan ketuntasan klasikal di kelas XB sebesar 97.37%, kelas XC 92.11% dan kelas XF 86.84% dengan rata-rata masing-masing kelas sebesar 84.87, 77.89 dan 79.47. Pada pertemuan kedua ketuntasan klasikal di ketiga kelas mencapai 100% dengan rata-rata masing-masing kelas sebesar 82.46, 78.80 dan 73.68, dan pada hasil belajar ketuntasan siswa juga mencapai 100%, dengan rata-rata nilai masing-masing kelas sebesar 82.43, 77.97, dan 71.57. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pembelajaran dengan berorientasi lifeskill memberikan pengaruh berupa peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa SMAN 1 Tayu Pati. Disarankan kepada guru untuk menggunakan pembelajaran dengan berorientasi lifeskill sebagai salah satu alternatif model pembelajaran pada materi Daur Ulang Limbah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lifeskill, materi daur ulang limbah, aktivitas, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 May 2011 06:25
Last Modified: 25 Apr 2015 04:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2630

Actions (login required)

View Item View Item