PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN INFORMASI STUDI LANJUT BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN DUNIA PERGURUAN TINGGI SISWA SMA KOTA YOGYAKARTA


Nararya Rahadyan Budiyono, 0105512022 (2016) PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN INFORMASI STUDI LANJUT BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN DUNIA PERGURUAN TINGGI SISWA SMA KOTA YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (582kB) | Preview

Abstract

Direktori perguruan tinggi adalah informasi utama yang dieksplorasi peserta didik dalam merencanakan studi lanjut mereka. Meskipun demikian direktori perguruan tinggi bukanlah satu-satunya informasi yang perlu didapatkan oleh peserta didik. Wawasan dasar mengenai dunia perguruan tinggi merupakan informasi lain yang penting untuk dipahami oleh peserta didik sebagai calon mahasiswa. Masalah penelitian ini adalah bagaimana model layanan informasi berbasis multimedia interaktif ini dapat meningkatkan wawasan dunia perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model layanan informasi studi lanjut berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan wawasan dunia perguruan tinggi siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Subjek uji coba sejumlah 20 siswa dipilih secara purposive sampling. Model layanan informasi studi lanjut yang dikembangkan berbasis multimedia interaktif ini dapat diakses baik melalui handphone, smartphone, tablet PC, i-pad, personal computer dan notebook yang memuat informasi mengenai dunia perguruan tinggi, strategi menjadi mahasiswa sukses, serta kuis untuk mengukur pemahaman mengenai dunia perguruan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model layanan informasi studi lanjut berbasis multimedia interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai dunia perguruan tinggi. Perolehan rata-rata skor responden sebelum diberi perlakuan adalah 72,15 dan setelah diberi perlakuan meningkat menjadi 160,10. Terjadi peningkatan sebesar 87,95. Peningkatan tersebut terjadi pada semua indikator pemahaman dunia perguruan tinggi. Hasil uji t menunjukkan nilai t diperoleh angka 47,424 pada peluang kesalahan 0,000 lebih kecil dari pada peluang kesalahan (p) = 0,05 atau dalam bentuk lain 0,000 < 0,05 yang artinya signifikan. Saran bagi pembimbing, konselor, orang tua, serta peserta didik yang terlibat dalam perencanaan studi lanjut ke perguruan tinggi untuk mempersiapkan diri dengan memperkaya wawasan mengenai dunia perguruan tinggi secara maksimal. Bagi peneliti dan pengembang model selanjutnya diharapkan mampu menyempurnakan produk dengan melengkapi materi dan simulasi yang dapat mengidentifikasi bakat serta minat siswa untuk sudi lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 27 Mar 2017 17:04
Last Modified: 27 Mar 2017 17:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26298

Actions (login required)

View Item View Item