PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN INFORMASI KARIR BERBASIS KOLABORASI ANTARA SEKOLAH DENGAN DU/DI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA SISWA SMK NEGERI KABUPATEN BREBES


Kaslani, 0105513041 (2016) PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN INFORMASI KARIR BERBASIS KOLABORASI ANTARA SEKOLAH DENGAN DU/DI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA SISWA SMK NEGERI KABUPATEN BREBES. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (819kB) | Preview

Abstract

Layanan informasi karier yang berjalan saat ini belum disesuaikan dengan kebutuhan siswa, masih menggunakan metode ceramah dalam penyampaiannya, dan belum melibatkan pihak lain seperti DU/DI dalam memberikan informasi karier kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui deskripsi layanan informasi karier dan kemampuan pengambilan keputusan karier siswa yang saat ini dilakukan di lapangan, menghasilkan model layanan informasi karier berbasis kolaborasi antara sekolah dengan DU/DI untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karier siswa SMK, mengetahui tingkat efektivitas model layanan informasi karier berbasis kolaborasi antara sekolah dengan DU/DI untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karier siswa SMK Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes. Pendekatan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dari Borg & Gall dengan langkah-langkah: (1) studi pendahuluan, (2) studi pengembangan, dan (3) tahap validasi model, (4) hasil model final, dan (5) uji coba terbatas. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kelas yang memiliki tingkat keputusan karier yang rendah yaitu siswa kelas XI TOKR 4 berjumlah 36 siswa SMK Negeri 1 Bulakamba. Hasil pengembangan model adalah layanan informasi karier berbasis kolaborasi antara sekolah dengan DU/DI untuk meningkatkan pengambilan keputusan karier siswa SMK yang terdiri dari; 1) rasional, 2) visi dan misi, 3) tujuan, 4) isi/materi layanan informasi karier berbasis life skills education, 5) pendukung sistem, 6) prosedur pelaksanaan layanan, dan 7) evaluasi dan tindak lanjut. Hasil uji terbatas dalam bentuk layanan informasi karier, didapati efektif dan dapat meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karier siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan skor pre test terhadap post test pada skala keputusan karier Saran yang dapat diberikan bahwa guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat melaksanakan layanan informasi karier berbasis kolaborasi antara sekolah dengan DU/DI karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karier siswa. Bagi kepala sekola diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada guru bimbingan dan konseling untuk melaksanakan kolaborasi dengan pihak DU/DI guna mendukung dalam pemberian informasi karier kepada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 27 Mar 2017 16:58
Last Modified: 27 Mar 2017 16:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26297

Actions (login required)

View Item View Item