PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SEKOLAH (Penelitian Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016)

DRAJAT EDY KURNIAWAN, 0105513012 (2016) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SEKOLAH (Penelitian Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (503Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penyesuaian diri siswa di sekolah sebelum dan sesudah pemberian treatment bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, serta mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama tehadap kemampuan penyesuaian diri siswa di sekolah pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis rancangan Nonrandomized pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 19 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 berjumlah 32 orang. Sumber data berasal dari data primer, yakni siswa. Instrumen pengumpulan data yakni pedoman wawancara, pedoman observasi dan skala penilaian (rating scale) kemampuan penyesuaian diri siswa di sekolah. Analisis data menggunakan Independent Sample Test dengan aplikasi SPSS 20.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sebelum pemberian treatment kemampuan penyesuaian diri siswa di sekolah tergolong rendah baik pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Setelah pemberian treatment pada kelompok eksperimen, terdapat perbedaan kemampuan penyesuaian diri pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dimana skor kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Kesimpulannya yaitu ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama tehadap kemampuan penyesuaian diri siswa di sekolah pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Sehingga, diharapkan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat menjadi alternatif solusi untuk menangani masalah penyesuaian diri siswa di sekolah

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 27 Mar 2017 12:44
    Last Modified: 27 Mar 2017 12:44

    Actions (login required)

    View Item