PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA SMP EMPU TANTULAR SEMARANG

David Ari Setyawan, 0105513026 (2016) PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA SMP EMPU TANTULAR SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (643Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok yang selama ini dilaksanakan di SMP Empu Tantular Semarang; (2) Mengetahui tingkat disiplin belajar siswa; (3) menghasilkan model pengembangan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan disiplin belajar siswa; (4) Mengetahui tingkat keefektifan model pengembangan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. Metode penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) dengan langkah-langkah: (1) persiapan pengembangan model, (2) merumuskan model hipotetik, (3) uji kelayakan model hipotetik, (4) perbaikan model hipotetik, (5) uji lapangan, (6) hasil produk akhir. Menghasilkan model bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan disiplin belajar. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Random Sampling. Subyek penelitian berjumlah 10 siswa yang memiliki skor skala disiplin belajar sedang dan rendah. Hasil dari penelitian yaitu adanya perubahan tingkat disiplin belajar sebelum diberi perlakuan (evaluasi awal) dan sesudah diberi perlakuan (evaluasi akhir) sekitar 20.49%. Hasil perhitungan uji statistik menggunakan uji beda t test menunjukkan -4.012 < -2.228, sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. Dihasilkan model bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan disiplin belajar siswa yang terdiri dari 7 komponen yaitu rasional, visi dan misi, tujuan, isi bimbingan kelompok, dukungan sistem bimbingan kelompok, tahapan pelaksanaan dan evaluasi dan tindak lanjut. Saran dari peneliti yaitu guru BK selalu mengembangkan model bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan disiplin belajar kepada para siswa, dan pada peneliti selanjutnya bisa mengembangkan model ini sampai tahap ke sepuluh.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 27 Mar 2017 09:03
    Last Modified: 27 Mar 2017 09:03

    Actions (login required)

    View Item