PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN INFORMASI KARIR BERBASIS LIFE SKILLS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR STUDI LANJUT PADA SISWA SMA NEGERI KABUPATEN BREBES

Dewi Ekasari, 0105513043 (2016) PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN INFORMASI KARIR BERBASIS LIFE SKILLS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR STUDI LANJUT PADA SISWA SMA NEGERI KABUPATEN BREBES. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (828Kb)

    Abstract

    Latar belakang masalah penelitian ini adalah layanan informasi karier yang sudah dilaksanakan di lapangan masih banyak kekurangan, diantaranya pelaksanaan yang dilakukan dengan konvensional, menggunakan ceramah dalam pemberian materi layanan, sehingga siswa kurang memahami dalam memperoleh materi yang diberikan. Rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan informasi karier dan perencanaan karier studi lanjut siswa, bagaimana model layanan informasi karier berbasis life skills education untuk meningkatkan perencanaan karier studi lanjut siswa, dan apakah model layanan informasi karier berbasis life skills education efektif untuk meningkatkan perencanaan karier studi lanjut siswa. Pendekatan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall dengan langkah-langkah: (1) studi pendahuluan, (2) studi pengembangan, dan (3) tahap validasi model, (4) hasil model final, dan (5) uji coba terbatas. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kelas yang memiliki tingkat perencaaan karier yang rendah yaitu siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Jatibarang yang berjumlah 36 siswa. Hasil pengembangan model dalam penelitian ini adalah model layanan informasi karier berbasis life skills education untuk meningkatkan perencanaan karier studi lanjut siswa SMA Kabupaten Brebes, yang terdiri dari: 1) rasional, 2) visi dan misi, 3) tujuan, 4) isi/materi layanan informasi karier berbasis life skills education, 5) pendukung sistem, 6) prosedur pelaksanaan layanan, dan 7) evaluasi dan tindak lanjut. Tingkat perencanaan karier antara sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi karier berbasis life skills education diperoleh hasil statistik Asymp. Sig. (2-tailed) dapat dilihat dari probabilitas 0,009 < 0,05, serta terjadinya peningkatan perencanaan karier dilihat dari hasil pre test dan post test yaitu 80,56%. Guru bimbingan dan konseling disarankan dapat melaksanakan layanan informasi yang lebih inovatif dan kreatif dengan layanan informasi karier berbasis life skills education, karena terbukti efektif untuk meningkatkan perencanaan karier siswa studi lanjut siswa SMA Kabupaten Brebes. Saran bagi kepala sekolah sebagai penentu kebijakan untuk dapat memfasilitasi siswa dalam pengembangan karier studi lanjut salah satunya dengan mengadakan kunjungan kampus sebagai bekal informasi siswa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 27 Mar 2017 08:57
    Last Modified: 27 Mar 2017 08:57

    Actions (login required)

    View Item