PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN INFORMASI KARIER BERBANTUAN AUDIVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIER SISWA SMA WIRA USAHA BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG

AHMAD NAFI’, 0105513069 (2016) PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN INFORMASI KARIER BERBANTUAN AUDIVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIER SISWA SMA WIRA USAHA BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1215Kb)

    Abstract

    Perkembangan potensi atau karier seseorang tidak akan terwujud dengan maksimal apabila tidak mendapatkan informasi dengan baik dan tepat. Hal ini dapat diperoleh apabila seseorang memiliki pemahaman yang baik tentang karier yang sesuai dengan dirinya, sehingga dapat mengarahkan potensi yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan layanan informasi karier, mendeskripsikan tingkat kematangan karier siswa, menghasilkan model layanan informasi karier berbantuan audiovisual untuk meningkatkan kematangan karier siswa, mengetahui tingkat keefektifan model layanan informasi karier berbantuan audiovisual untuk meningkatkan kematangan karier siswa SMA Wira Usaha Bandungan Kab. Semarang. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan langkah penelitian yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) ujicoba produk. Model ini di validasi oleh dua validator ahli dan tiga validator praktisi. Hasil penelitian dan pengembangan digunakan untuk menjawab rumusan masalah yaitu (1) layanan informasi karier sudah dilaksanakan di SMA Wira Usaha Bandungan Kab. Semarang dengan melewati tiga tahapan, namun dalam pelaksanaannya hanya menggunakan ceramah, tanya jawab dan fokus pada informasi pekerjaan secara umum, (2) tingkat kematangan karier siswa SMA Wira Usaha Bandungan kab. Semarang dari hasil studi pendahuluan pada kelas X yang berjumlah 75 siswa dengan kategori tinggi sebanyak 11 siswa atau 14,6%, kategori sedang sebanyak 37 siswa atau 49,3%, kategori kurang sebanyak 25 siswa atau 33,3% dan kategori rendah sebanyak 2 siswa atau 2,6%, (3) model layanan informasi karier berbantuan audiovisual untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMA Wira Usaha Bandungan Kab. Semarang terdiri dari tujuh komponen yaitu: rasional, visi dan misi, tujuan, isi layanan informasi, dukungan sistem layanan informasi, tahap pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. (4) model layanan informasi karier berbantuan audiovisual terbukti efektif untuk meningkatkan kematangan karier siswa. Hal ini dilihat dari peningkatan kematangan karier siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, yaitu sebesar selisih skor 14,4 %. Selain itu, uji statistik T Test juga menunjukan t hitung > t tabel yaitu 10,088 > 2,056. Peningkatan kematangan karier berdasarkan uji N-gain diperoleh nilai 0,44 poin pada kategori sedang. Oleh karena itu, Guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat melaksanakan model pengembangan ini secara berkala dan berkelanjutan dengan tetap memperhatikan masukan dari lingkungan/pihak terkait.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 24 Mar 2017 13:26
    Last Modified: 24 Mar 2017 14:28

    Actions (login required)

    View Item