PENGARUH SELF INSTRUCTION DAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP COOPERATIVE SKILLS PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNS ANGKATAN TAHUN 2013

AGUS TRI SUSILO, 0105513015 (2015) PENGARUH SELF INSTRUCTION DAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP COOPERATIVE SKILLS PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNS ANGKATAN TAHUN 2013. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (763Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pelaksanaan teknik self instruction dalam peningkatan cooperative skills, (2) untuk mengetahui pelaksanaan teknik numbered heads together dalam peningkatan cooperative skills, (3) untuk mengetahui pengaruh teknik self instruction terhadap cooperative skills, (4) untuk mengetahui pengaruh teknik numbered heads together terhadap cooperative skills, (5) untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara kelompok self instruction dan numbered heads together dengan kelompok kontrol terhadap cooperative skills mahasiswa BK FKIP UNS tahun angkatan 2013. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis rancangan nonequivalent group pretest-posttest control design. Populasi adalah mahasiswa BK FKIP UNS. Pengambilan sampel pada populasi yaitu mahasiswa BK FKIP UNS angkatan tahun 2013 yang berjumlah 60 orang. Lokasi penelitian bertempat di Program Studi BK FKIP UNS. Sumber data berasal dari data primer, yakni mahasiswa. Instrumen pengumpulan data adalah skala penilaian cooperative skills. Analisis data menggunakan One-Way Anova dengan aplikasi SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh teknik self instruction dan numbered heads together terhadap cooperative skills. Hal ini ditunjukkan dengan tidak ada perbedaan signifikan dari data sebelum perlakuan antar kelompok dengan nilai signifikansi 0,118>0,05. Tetapi terdapat hasil yang berbeda dari data setelah perlakuan antar kelompok, dengan dilakukan uji lanjut Least Significant Defference-test (LSD). Hasilnya ada perbedaan tingkat cooperative skills yang signifikan sesudah perlakuan antara kelompok self instruction dan kelompok numbered heads together dengan kelompok kontrol dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Artinya bahwa perbedaan tingkat cooperative skills disebabkan pengaruh dari treatment pada kelompok eksperimen, sehingga terbukti bahwa teknik self instruction dan numbered heads together berpengaruh terhadap cooperative skills mahasiswa BK FKIP UNS tahun angkatan 2013. Saran berdasarkan hasil penelitian adalah bahwa perlu penerapan teknik self instruction dan numbered heads together pada pelaksanaan pembelajaran di Program Studi BK FKIP UNS agar mampu mendorong cooperative skills mahasiswa yang mendukung tercapainya kompetensi sosial bagi calon guru BK.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
    Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
    Date Deposited: 23 Mar 2017 16:59
    Last Modified: 23 Mar 2017 16:59

    Actions (login required)

    View Item