PENGARUH KETERLIBATAN, DISIPLIN, DAN KOMPENSASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN TEGAL


Nopi Widia Astuti, 7101412113 (2016) PENGARUH KETERLIBATAN, DISIPLIN, DAN KOMPENSASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101412113.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (11MB) | Preview

Abstract

Kinerja merupakan keluaran yang dihasilkan oleh fungsi-fungsi atau indikator-indikator suatu pekerjaan atau suatu profesi dalam waktu tertentu. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tegal, diketahui bahwa kinerja pegawai belum optimal. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh keterlibatan kerja, disiplin kerja, dan kompensasi terhadap kinerja pegawai baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterlibatan kerja, disiplin kerja, kompensasi terhadap kinerja pegawai baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tegal berjumlah 123 pegawai. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 pegawai. Variabel dalam penelitian ini yaitu keterlibatan kerja, disiplin kerja, kompensasi, dan kinerja pegawai. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = 0,550 + 0,312X1 + 0,208X2 + 0,304X3 + e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan kerja, disiplin kerja, dan kompensasi secara simultan maupun parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tegal. Besar pengaruh secara simultan yaitu 60,4%, sedangkan secara parsial keterlibatan kerja berpengaruh sebesar 16,65%, disiplin kerja berpengaruh sebesar 28,94% dan kompensasi berpengaruh sebesar 14,06%. Simpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh keterlibatan kerja, disiplin kerja, dan kompensasi terhadap kinerja pegawai Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tegal secara simultan maupun parsial. Saran dalam penelitian ini yaitu pegawai harus bekerja dengan lebih teliti, rapi, dan benar. Pegawai harus dapat memanajemen waktu agar setiap tugas dapat terselesaikan dengan cepat dan tepat pada waktu yang telah ditetapkan. Pegawai harus bertanggung jawab menyelesaikan tugas dengan baik meskipun tidak diawasi oleh pimpinan. Selain itu, sanksi yang diberikan kepada pegawai harus lebih tegas agar dapat mendidik dan membuat jera pegawai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan kerja, Disiplin kerja, Kompensasi, Kinerja Pegawai
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 38255 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2017 17:27
Last Modified: 24 Mar 2017 17:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26272

Actions (login required)

View Item View Item