ANTESEDEN KESIAPAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNTUK MENJADI GURU


NAELUN NAJAH, 7101412101 (2016) ANTESEDEN KESIAPAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNTUK MENJADI GURU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101412101.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang bertujuan mencetak tenaga pendidik dan berupaya menyiapkan lulusan sesuai standar kualifikasi agar lulusan siap menjadi guru. Namun, kenyataan dalam dunia kerja masih terjadi kesenjangan. Hal ini didukung dengan data tracer study Pendidikan Ekonomi tahun 2015 yang menunjukan dari 299 lulusan yang sudah bekerja sebanyak 121 lulusan. Lulusan yang bekerja sebagai guru sebanyak 31 lulusan, bekerja di bank, perusahaan, dan instansi lain sebanyak 90 lulusan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh peran orang tua, prestasi akademik, teman sebaya, orientasi PPL, dan kelibatan PPL terhadap kesiapan mahasiswa Pendidikan Ekonomi untuk menjadi guru. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2012 yang telah melaksanakan PPL. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 225 mahasiswa yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa orang tua berperan dalam memilih teman dan pendidikan, prestasi akademik mahasiswa cukup bagus dengan predikat rata-rata sangat memuaskan, partisipasi mahasiswa dalam orientasi PPL dalam kategori baik, semakin sering mahasiswa terlibat dalam kegiatan PPL maka kualitas partisipasi dalam kelibatan PPL semakin baik, dan mahasiswa setuju untuk siap menjadi guru. Hasil analisis path menunjukan bahwa pengaruh langsung peran orang tua terhadap teman sebaya (49,2%), peran orang tua terhadap orientasi PPL (34,1%), teman sebaya terhadap orientasi PPL (33,8%), teman sebaya terhadap kelibatan PPL (25,5%), orientasi PPL terhadap kelibatan PPL (45,4%), orientasi PPL terhadap kesiapan mahasiswa Pendidikan Ekonomi untuk menjadi guru (29,8%), kelibatan PPL terhadap kesiapan mahasiswa Pendidikan Ekonomi untuk menjadi guru (20,7%), dan peran orang tua terhadap kesiapan mahasiswa Pendidikan Ekonomi untuk menjadi guru (19,7%). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa anteseden dari kesiapan mahasiswa Pendidikan Ekonomi untuk menjadi guru adalah peran orang tua, teman sebaya, orientasi PPL, dan kelibatan PPL. Prestasi akademik tidak memberikan pengaruh terhadap kesiapan mahasiswa Pendidikan Ekonomi untuk menjadi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Prestasi Akademik, Teman Sebaya, Orientasi Praktik Pengalaman Lapangan, Kelibatan Praktik Pengalaman Lapangan, Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Untuk Menjadi Guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 38255 not found.
Date Deposited: 03 Apr 2017 19:04
Last Modified: 03 Apr 2017 19:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26270

Actions (login required)

View Item View Item