FAKTOR YANG MENYEBABKAN TERJADINYA KETIDAKPATUHAN TERAPI ANTIRETEROVIRAL (ARV) PADAORANG DENGAN HIV/AIDS (ODHA) DI KABUPATEN PEMALANG

Abdul Kharis Sisyahid, 6411914001 (2016) FAKTOR YANG MENYEBABKAN TERJADINYA KETIDAKPATUHAN TERAPI ANTIRETEROVIRAL (ARV) PADAORANG DENGAN HIV/AIDS (ODHA) DI KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2025Kb)

    Abstract

    Pemberian terapi ARV untuk penderita HIV/AIDSdapat menurunkan angka kematian dan meningkatkan kualitas hidup ODHA. Ketidakpatuhan pasien HIV/AIDS dalam terapi ARV dapat menyebabkan berhentinya terapi, meningkatkan resiko kematian, menyulitkan evaluasi pelayanan terapi ARV dan meningkatkan resiko resistensi ARV jika ingin memulai kembali. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor yang menyebabkan terjadinya ketidakpatuhan terapi ARVpada orang dengan HIV/AIDS di Kabupaten Pemalang. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi dengan 6 pasien HIV/AIDS yang tercatat tidak patuh menjalani terapi ARV. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan metode triangulasi dan analisis data. Hasil analisis mengungkapkan bahwa faktor yang menyebabkan terjadinya ketidakpatuhan terapi ARV adalah rendahnya persepsi kerentanan, persepsi kesakitan dan persepsi manfaat pada diri ODHA juga adanya persepi hambatan yaitu keluhan efek samping, ketiadaan akses dan rasa malu. Disarankan perlunya evaluasi metode konseling kepada pasien tentang efek samping ARV dan penyediaan alternatif terapi ARV yang lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: AIDS; HIV; Ketidakpatuhan; ODHA; Terapi ARV.
    Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
    Depositing User: pkl3 tik 2017
    Date Deposited: 03 May 2017 09:53
    Last Modified: 03 May 2017 09:53

    Actions (login required)

    View Item