FAKTOR RISIKO PAPARAN PESTISIDA PADA MASA KEHAMILAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH (BBLR) DI DAERAH PERTANIAN


Miftah Fatmawati, 6411412186 (2016) FAKTOR RISIKO PAPARAN PESTISIDA PADA MASA KEHAMILAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH (BBLR) DI DAERAH PERTANIAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412186.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berat badan lahir rendah (BBLR) menjadi salah satu penyebab utama mortalitas bayi. Permasalahan yang muncul adalah apakah ada hubungan antara faktor risiko paparan pestisida pada masa kehamilan dengan kejadian BBLR di daerah pertanian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor risiko paparan pestisida yang berhubungan dengan kejadian BBLR. Penelitian ini merupakan studi case control. Subjek dibagi menjadi dua kelompok: kelompok kasus sejumlah 25 petani dengan riwayat melahirkan BBLR dan kelompok kontrol yang merupakan tetangga dari subjek kasus tanpa riwayat melahirkan BBLR sejumlah 25 petani. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat (chi square dan fisher sebagai alternatifnya). Hasil penelitian: faktor risiko paparan pestisida yang terbukti berhubungan dengan kejadian BBLR di wilayah kerja Puskesmas Ngablak dan Puskesmas Pakis, antara lain: pekerjaan ibu hamil yang berkaitan dengan pestisida (OR = 6,769); kelengkapan alat pelindung diri (APD) saat beraktivitas di ladang (OR= 18,857); dan penyimpanan pestisida (OR= 12,667). Saran yang direkomendasikan adalah menghindari pekerjaan yang berkaitan langsung dengan pestisida selama masa kehamilan, jika memang harus ikut dalam kegiatan pertanian maka ibu hamil sebaiknya menggunakan APD lengkap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: BBLR, Paparan Pestisida
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 38256 not found.
Date Deposited: 03 May 2017 13:46
Last Modified: 03 May 2017 13:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26249

Actions (login required)

View Item View Item