EDUKASI GIZI BERBASIS EDUTAINMENT UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK TENTANG PEMILIHAN PANGAN JAJANAN ANAK SEKOLAH (PJAS)


Khusnul Latifah, 6411412183 (2016) EDUKASI GIZI BERBASIS EDUTAINMENT UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK TENTANG PEMILIHAN PANGAN JAJANAN ANAK SEKOLAH (PJAS). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412183.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pangan jajanan anak sekolah yaitu makanan dan minuman langsung dapat dikonsumsi yang dijual di tempat umum. Tahun 2014, terdapat 23,82% pangan jajanan anak sekolah masih belum memenuhi syarat. Penelitian sebelumnya menunjukkan dari 73 sampel diketahui 23% berpengetahun rendah dan 29% berperilaku buruk. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap dan praktik pemilihan pangan jajanan sebelum dan sesudah intervensi dengan MPI serta permainan ular tangga. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari produk. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III. Sampel berjumlah 75 siswa. Tahap pengembangan produk dilakukan dengan analisis kebutuhan, pembuatan produk awal, validasi produk dan uji coba produk. Kesimpulan dalam penelitian ini, produk efektif dalam meningkatan pengetahuan, sikap dan praktik pemilihan pangan jajanan dengan nilai gain pengetahuan 0,7, sikap 0,7 dan praktik 0,6. Sedangkan pada uji analisis statistik didapatkan nilai p 0,000 (pengetahuan), 0,000 (sikap) dan 0,002 (praktik). Dimana p value < (0,05) yang berarti terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Pemberian pendidikan kesehatan dan pengawasan kepada siswa diharapkan lebih intens untuk mengetahui perkembangan pengetahuan, sikap, dan praktik siswa terutama tentang pemilihan pangan jajanan. Selain itu, diperlukan media yang menarik dan sesuai karakter siswa agar siswa lebih tertarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Multimedia, Edukasi Gizi, Edutainment, Jajanan, Ular Tangga
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 38256 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2017 10:24
Last Modified: 04 Apr 2017 10:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26248

Actions (login required)

View Item View Item