EFEKTIFITAS IKAN KEPALA TIMAH (Aplocheilus panchax) SEBAGAI PREDATOR JENTIK Aedes aegypti (Uji Lapangan di RW 02 Kelurahan Podorejo Kota Semarang)


SHOLEKHAH, 6411412180 (2016) EFEKTIFITAS IKAN KEPALA TIMAH (Aplocheilus panchax) SEBAGAI PREDATOR JENTIK Aedes aegypti (Uji Lapangan di RW 02 Kelurahan Podorejo Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412180.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberadaan jentik merupakan salah satu indikator untuk mengetahui kepadatan populasi nyamuk disuatu daerah karena dapat menyumbang terjadinya kasus DBD. Metode pengendalian jentik secara biologi salah satunya dengan memelihara ikan kepala timah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pemberian ikan kepala timah dalam menurunkan jumlah jentik dan persepsi masyarakat di RW 02 Kelurahan Podorejo Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 30 KK berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji Wilcoxon dengan kemaknaan p=0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan jumlah jentik sebelum dan sesudah pemberian ikan kepala timah (p=0,0001). Terdapat perbedaan rata-rata jentik awal dan akhir sebesar 120,6 (97,02%), sehingga ikan kepala timah terbukti efektif sebagai predator jentik Aedes aegypti di bak mandi. Wawancara mengenai persepsi masyarakat, diperoleh bahwa 100% responden merasakan manfaat penggunaan ikan kepala timah dan 96,7% responden akan tetap memelihara ikan kepala timah pada bak mandi. Saran bagi pemerintah Kelurahan Podorejo agar rutin memberi penyuluhan mengenai upaya-upaya PSN dan memfasilitasi masyarakat untuk memelihara ikan kepala timah pada bak mandi. Bagi peneliti selanjutnya disarankan agar mengontrol dan menggali faktor yang dapat menjadikan bias penelitian serta juga melakukan penelitian pada penampungan air di luar rumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ikan kepala timah, Jumlah jentik, Persepsi
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 38256 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2017 12:13
Last Modified: 04 Apr 2017 12:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26247

Actions (login required)

View Item View Item