ANALISIS SPASIAL KEBERADAAN BREEDING PLACE VEKTOR DENGAN KEJADIAN MALARIA DI DESA LEBAKWANGI KECAMATAN PAGEDONGAN KABUPATEN BANJARNEGARA


Nining Purnawati, 6411412137 (2016) ANALISIS SPASIAL KEBERADAAN BREEDING PLACE VEKTOR DENGAN KEJADIAN MALARIA DI DESA LEBAKWANGI KECAMATAN PAGEDONGAN KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411412137.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Desa Lebakwangi merupakan wilayah desa dengan endemis malaria di Kabupaten Banjarnegara sejak tahun 2013. Keberadaan breeding place yang banyak dijumpai merupakan salah satu faktor risiko penularan malaria yang bersifat indigenous. Sebaran keberadaan breeding place terhadap kejadian malaria dapat dilihat melalui pemetaan untuk menggambarkan sebaran breeding place serta seberapa jauh risiko penularan sebagai upaya penanggulangan risiko malaria. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan penelitian menggunakan metode deskriptif desain studi potong - lintang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survei entomologi, pengambilan titik subjek, dan objek penelitian menggunakan GPS. Analisis menggunakan metode buffer, point distance, dan overlay. Penelitian dilaksanakan pada 3 wilayah dusun di Desa Lebakwangi. Hasil: Jenis breeding place yang dijumpai di wilayah dusun berbeda-beda di setiap wilayah. Seluruh wilayah Lebakwangi berisiko terhadap penularan malaria. Distribusi kasus ditemukan pada indeks rata-rata 350m dan mayoritas kasus malaria berada pada jarak <350m dari breeding place yang dijumpai larva Anopheles. Simpulan: Seluruh penderita malaria berada dekat dengan keberadaan breeding place <350m. Wilayah Gambir dan Sudimara merupakan wilayah dengan risiko tinggi malaria dengan ditemukan banyak kasus dan keberadaan breeding place di sekitar penderita. Perlu dilaksanakan monitoring keberadaan habitat perkembangbiakan nyamuk dan penutupan habitat potensial berdasarkan karakteristik breeding place yang ditemukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Breeding place, Lebakwangi, Malaria, Spasial
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 38256 not found.
Date Deposited: 03 Apr 2017 19:03
Last Modified: 03 Apr 2017 19:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26235

Actions (login required)

View Item View Item